Apa Itu Backlink?

Puri_mei - Digital Economy

Rabu, 07 April 2021 20:03 WIB

apa itu backlink?

Pemasaran digital saat ini memerlukan interaksi pengguna internet di mana dan kapan pun mereka berada. Dengan interaksi dari pengguna, diharapkan pesan pemasaran dapat tersampaikan dengan baik sehingga berpotensi akan meningkatkan penjualan. Untuk bisa menghadirkan interaksi tersebut, diperlukan konten untuk melengkapi proses pemasaran itu sendiri. Konten yang dibuat tidak semata hanya di-posting, tetapi juga bisa dicantumkan di web lain. Itu biasa disebut sebagai backlink. Namun, apa sebenarnya backlink itu? Mari kita dalami bersama-sama.

Backlink, Tautan Masuk dari Web Lain

Backlink (atau juga dikenal sebagai "inbound link" atau "tautan satu arah") adalah tautan yang berasal dari sebuah situs web ke sebuah laman situs web lain. Google dan mesin pencari utama lainnya menganggap backlink sebagai bentuk "voting" untuk halaman tertentu. Halaman dengan jumlah backlink yang tinggi cenderung memiliki peringkat teratas di mesin pencarian seperti Google.

Baca Juga: Apa Itu Push Notification?

Bagaimana Cara Kerja Backlink?

Backlink memainkan peran penting dalam algoritma mesin pencari, SEO, dan keseluruhan strategi pemasaran digital dalam rangka mengembangkan situs web Anda. Cara termudah untuk memikirkan backlink adalah sebagai percakapan di antara situs web. Misalnya, Si A adalah seorang blogger, dan dia menulis artikel yang sangat menarik tentang event olahraga bergengsi.

Blogger lain, Si B, menautkan artikel Si A saat membagikan perspektifnya. Karena dia menulis tentang topik tersebut juga di situs majalah online terkenalnya, ini membuat backlink ke postingan Si A. Karena majalah online tersebut telah populer, banyak situs lain yang akan menautkan kembali ke artikelnya. Ini akan meningkatkan otoritas majalah online tersebut, dan artikel milik Si A juga akan mendapatkan backlink yang bernilai dari situs ternama.

Pada dasarnya, ini sebuah strategi yang sangat menguntungkan.

Mengapa Backlink Itu Penting?

Backlink menjadi sangat berharga untuk SEO karena mereka mewakili sebuah "vote" dari satu situs ke situs lain.

Intinya, backlink yang diarahkan ke situs web Anda adalah sinyal ke mesin pencarian bahwa orang lain telah menjamin kualitas konten Anda. Jika banyak situs yang menautkan link ke laman web atau situs web yang sama, mesin pencarian dapat menyimpulkan bahwa konten tersebut layak ditautkan, dan karenanya, juga layak muncul di halaman hasil pencarian Google. Jadi, mendapatkan backlink ini dapat berdampak positif pada posisi peringkat situs atau visibilitas pencarian.

Jenis-Jenis Backlink

Tag Nofollow adalah backlink yang akan memberi tahu mesin pencarian untuk mengabaikan suatu tautan. Menggunakan tag ini berarti tidak akan meneruskan nilai apa pun dari satu situs ke situs lainnya. Jadi, biasanya mereka tidak membantu dalam meningkatkan peringkat atau visibilitas pencarian Anda.

Tautan Dofollow adalah jenis backlink yang diinginkan oleh semua orang. Perlu diingat bahwa link situs yang berasal dari situs yang dihormati memiliki nilai paling tinggi. Jenis backlink ini dapat membantu meningkatkan peringkat pencarian Anda.

Namun, ada tautan dofollow yang dianggap buruk atau dapat menjadi "racun". Tautan ini berasal dari situs yang mencurigakan atau diperoleh dengan melanggar persyaratan dan ketentuan layanan mesin pencarian.

Ini dapat menyebabkan Google untuk memberikan penalti atau bahkan membatalkan indeks situs Anda. Ingat, ini bukan tentang kuantitas dari backlink, melainkan kualitas yang membuat perbedaan dalam peringkat pencarian.

Kenali Proses Menghasilkan dan Memberikan Backlink

Menghasilkan backlink adalah komponen penting dari off-site SEO. Proses mendapatkan tautan ini dikenal sebagai link earning atau link building.

Beberapa backlink secara inheren lebih berharga daripada backlink yang lain. Backlink yang telah diikuti oleh situs tepercaya, terpopuler, dan memiliki otoritas yang tinggi dianggap sebagai backlink yang paling diinginkan oleh semua orang. Sementara, backlink yang berasal dari situs berotoritas rendah yang berpotensi spam biasanya akan flop atau tidak dapat meraih peringkat teratas.

Sama seperti beberapa backlink berkualitas yang Anda peroleh, tautan yang Anda buat ke situs lain juga berbeda nilainya. Saat menautkan ke situs eksternal, pilihan yang Anda buat terkait halaman yang Anda tautkan (otoritas halaman, konten, aksesibilitas mesin pencarian, dan sebagainya), anchor text yang Anda gunakan, apakah Anda memilih untuk mengikuti tautan tersebut atau tidak, dan tag meta lain yang berkaitan dengan halaman yang telah menautkan dapat berdampak besar pada nilai yang Anda berikan.