Beri Selamat ke Indonesia, Pertumbuhan Ekonomi Digitalnya Lampaui Singapura dan Malaysia!

Tanayastri - Digital Economy

Senin, 08 Maret 2021 21:41 WIB

beri selamat ke indonesia, pertumbuhan ekonomi digitalnya lampaui singapura dan malaysia!

Di tengah potensi perkembangan ekonomi digital Asia Tenggara, pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melampaui negara tetangga, Malaysia dan Singapura. Kok bisa?

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, hal itu tidak lepas dari investasi di sektor digital pada 2020.

Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) 2020 menyatakan, Penanaman Modal Asing (PMA) sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi mencapai 3,6 miliar dolar AS; sedangkan Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN) mencapai 93,2 triliun dolar AS. "Tentu saja, itu sebagian besar terjadi karena startup," ujar Luhut, Senin (8/3/2021).

Baca Juga: Opung Luhut Bongkar 3 Hal yang Dapat Dukung Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

Baca Juga: Asyik, Harga Bitcoin Naik Lagi Nih! Minat Beli Gak?

Pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sendiri melampaui Malaysia dan Singapura; tetapi kalah dari Vietnam yang pertumbuhannya mencapai 16%.

"Ia berkata, "Ekonomi digital Indonesia masih berkembang 2 digit di atas Malaysia dan Singapura, hanya kalah dari Vietnam yang mencapai 16%."

Selain itu, data Startup Ecosystem Report 2020 juga menyatakan, Indonesia menempati posisi pertama dari segi nilai ekosistem; mencapai 26,3 miliar dolar AS dan nilai pendanaan awal 849,5 juta dolar AS.

Ekonomi digital Asia Tenggara sendiri berpotensi terus berkembang dengan nilai Gross Merchandise Value (GMV) 105 miliar dolar--tumbuh 5% selama pandemi.