China Mantap Perluas Uji Coba Yuan Digital Bulan Depan, Sebar Jutaan Unit Buat Konsumen!

Tanayastri - Digital Economy

Selasa, 24 November 2020 16:01 WIB

china mantap perluas uji coba yuan digital bulan depan, sebar jutaan unit buat konsumen!

China akan memperluas uji coba penggunaan mata uang yuan digital di area baru pada gelaran Festival Belanja 12.12, menurut laporan media lokal.

Mengutip Coindesk, Selasa (24/11/2020), uji coba yang akan berlangsung di Kota Suzhou itu bertujuan mengukur kegunaan yuan digital tanpa jaringan internet.

"Tahap uji coba di Suzhou akan menilai aspek teknologi yang tak aktif di uji coba Shenzhen, termasuk fitur penggunaan yuan digital luring (offline)," lapor media lokal The Paper.

Baca Juga: Kasus Hukum Putri Miliarder China: Petugas Imigrasi Bocorkan Data Pribadi ke Sersan Polisi? Kacau!

Baca Juga: Cara Dapat BSU Kemendikbud Rp1,8 Juta Buat Guru dan PTK Honorer

Lebih lanjut, banyak bisnis di Distrik Xiangcheng, Suzhou yang telah memasang sistem pembayaran dengan NFC dan kode QR; memungkinkan penggunaan yuan digital dalam transaksi konsumen.

Sama seperti percobaan di Shenzhen pada Oktobe, masyarakat dapat mengajukan kepemilikan atas 200 yuan saham berbentuk 10 juta unit CBDC (yuan digital), setara dengan 1,5 juta dolar AS (sekitar Rp21,3 miliar).

Selain Suzhou, kabarnya Kota Chengdu juga akan melaksanakan uji coba CBDC secara tertutup; sehingga hanya melibatkan peserta undangan dalam gelaran tersebut.