Samsung Mau Rilis Galaxy S21 Lebih Cepat, Guna Rebut Pangsa Pasar Pesaing?

Tanayastri - Digital Economy

Senin, 09 November 2020 12:13 WIB

samsung mau rilis galaxy s21 lebih cepat, guna rebut pangsa pasar pesaing?

Samsung Electronics Co Ltd berpotensi merilis ponsel pintar flagship-nya sebulan lebih awal dari rencana; guna merebut pangsa pasar saingannya, Huawei dan menghindari kompetisi dengan Apple.

Begitulah kata tiga narasumber yang meminta syarat anonim untuk memberi keterangan, dilansir dari Reuters, Senin (9/11/2020).

Asal tahu saja, Huawei pernah menantang posisi teratas Samsung di pasar ponsel pintar dunia pada kuartal II 2020--namun, kini perusahaan berbasis di Shenzhen itu sedang mengalami pembatasan AS yang berdampak terhadap pasokan chip-nya. Pejabat industri chip Korea Selatan berharap, "kepemimpinan Joe Biden akan meringankan sejumlah pembatasan itu."

Baca Juga: 7 Raksasa Teknologi yang Rogoh Jutaan Dolar Buat Kampanye Joe Biden

Baca Juga: Kejayaan Samsung Masuk Generasi Ketiga, Inilah Putra Mahkota yang Jadi Pewarisnya

Di sisi lain, Samsung tengah menyiapkan peluncuran Galaxy S21 pada awal 2021. Dalam rencana itu, peluncuran ponsel anyar tersebut akan lebih cepat daripada ketika perusahaan merilis Galaxy S20 pada awal Maret 2020.

Sumber mengatakan, "Samsung berniat meluncurkan Galaxy S21 pada awal Januari 2021."

Samsung Electronics menolak berkomentar.

Sekadar informasi, Samsung mengirimkan ponsel pintar Galaxy S20 59% lebih sedikit pada kuartal II daripada tahun sebelumnya, berdasarkan data firma riset Canalys. Sebaliknya, Apple justru mengirim 15% lebih banyak ponsel iPhone 11 daripada iPhone XR pada 2019.

Lebih dari itu, Samsung juga menghadapi persaingan yang makin ketat dengan Xiaomi dan Oppo, dua produsen asal China yang kini juga mulai berupaya menggarap pangsa pasar Huawei.

Belum lagi, Apple pun baru meluncurkan iPhone 12 sebulan lalu--itu juga meningkatkan persaingan di pasar ponsel pintar.