Inovasi: Kunci Keberhasilan Brand Tumbuh dan Bertahan Hidup

Rosmayanti - Bisnis

Kamis, 06 Agustus 2020 17:43 WIB

inovasi: kunci keberhasilan brand tumbuh dan bertahan hidup

Inovasi adalah kunci keberhasilan. Karena itu inovasi harus menjadi nilai kompetitif sebuah brand. Sebuah inovasi yang baik adalah inovasi yang bisa memberikan nilai untuk konsumen dan memberikan solusi bagi konsumen.

Pada akhirnya inovasi juga harus dapat meningkatkan penjualan bagi perusahaan. Sehingga memudahkan sebuah brand tumbuh dan berkembang.

Demikian diungkapkan Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia & Founder Info Brand Group, dalam press conference Penghargaan Pertama di Indonesia dan Top Innovation Choice Award 2020 secara digital, Kamis (6/8/2020). Terlebih lagi di era pandemi, inovasi menjadi kunci dan keharusan sebuah brand untuk dapat terus tumbuh dan bertahan hidup.

Baca Juga: Bayang-bayang Resesi Makin Nyata, Pengusaha Bisa Apa?

"Tantangan digitalisasi bisnis dan tantangan era new normal, saat ini brand diharapkan pada era itu, yang mampu beradaptasi, yang berhasil dan memenangkan hati konsumennya," ujar Tri Raharjo.

Dia mencontohkan, PT Gree Electric Appliances Indonesia melakukan inovasi produk air purifier pertama di Indonesia yang dilengkapi CEP Technology Filter, efektif membunuh virus di udara, serta dilengkapi fitur 3 LED Indicators yang dapat menginformasikan kualitas udara dalam ruangan. Inovasi tersebut membuat air purifier jadi pilihan konsumen saat ini karena memenuhi kebutuhan saat pandemi.

Reza Pahlawansyah, Product Training Manager PT Gree Electric Appliances Indonesia, menambahkan, inovasi yang dilakukannya disesuaikan dengan minat dan kebutuhan pangsa pasar yang dituju. Dari analisis, kemudian disampaikan ke kantor Gree di Zhuhai, Guangdong, China. Setelah itu dilakukan research and development (R&D) apakah bisa dikembangkan.

"Jadi melakukan riset pasar dulu, seperti apa kebutuhan-kebutuhan dari pasar terutama Indonesia," jelas Reza.

Penghargaan Pertama di Indonesia dan Top Innovation Choice Award 2020 sendiri, lanjut Tri Raharjo, adalah apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atas prestasi serta menjadi yang pertama di kategori produk atau jasanya sehingga mampu meningkatkan semangat kompetisi yang sehat dan mendorong semangat untuk berprestasi lebih baik di dunia bisnis.