Menkominfo Minta Tolong Google Jaga Keamanan Data Indonesia

Rosmayanti - Digital Economy

Rabu, 24 Juni 2020 19:55 WIB

menkominfo minta tolong google jaga keamanan data indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate mengingatkan bahwa penting untuk menjaga keamanan data kepada Google Cloud Platform (GCP) yang hari ini (24/6/2020) resmi diluncurkan.?

"Pemerintah Indonesia berharap kehadiran data center ini turut memperkokoh keamanan dan privasi data, meningkatkan kemajuan ekonomi digital, dan juga mampu mempertajam penerapan berbagai macam teknologi digital seperti data analytics, artificial intelligence, machine learning, dan sebagainya," tuturnya saat memberikan keynotes speech pada peluncuran GCP, Rabu.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia telah menegaskan prinsip-prinsip utama dalam tata kelola data lintas negara, yakni principles of lawfulness, fairness, dan transparency.

Baca Juga: Resmi, Google Buka Cloud Platform Pertama di Indonesia

"Peluncuran Google Cloud hari merupakan contoh sinergi yang sangat baik, di mana sektor dunia usaha, sektor bisnis, turut mendukung kebijakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan teknologi masa kini," lanjutnya.

CEO Google Cloud Thomas Kurian merespons perhatian Pemerintah Indonesia dalam keamanan data.?

"Kami juga memberikan landasan yang aman serta memberikan sejumlah kemampuan keamanan canggih untuk mengenkripsi data, untuk menyimpan data di Indonesia, dan untuk melindungi semua sistem yang beroperasi di cloud dengan alat keamanan siber Google yang sangat canggih," ujar Kurian.

GCP hari ini baru saja membuka regional terbarunya di Jakarta, yang merupakan regional ke-24 secara global.