Anies ke Para PNS: Meski TKD Turun, Jangan Luntur Semangat

Ferry_hidayat - Megapolitan

Sabtu, 30 Mei 2020 05:00 WIB

anies ke para pns: meski tkd turun, jangan luntur semangat

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada aparatur sipil negara (ASN) tak lunglai menghadapi cobaan pandemi.

"Saya perintahkan kepada semua ASN di Pemprov DKI Jakarta untuk bersikap sebagai penyelenggara negara yang kesatria, yang tangguh, yang tabah, yang tak lunglai menghadapi cobaan. Kita berada di garis terdepan. Kita harus beri contoh sikap tangguh," kata Anies di Jakarta, Jumat, 29 Mei 2020. 

Baca Juga: Jokowi Instruksikan Bantu Wilayah Anies Baswedan untuk...

Anies meminta ASN tidak lemah, lembek, mudah mengeluh menghadapi situasi saat ini.

"Kita memang kena dampak, tapi lihatlah rakyat Jakarta. Lihat rakyat Indonesia. Lihat rakyat di berbagai belahan dunia," ujarnya.

Dia menambahkan, "Di kota kita ini, ratusan saudara sebangsa kehilangan nyawanya akibat Covid-19. Ratusan kolega kita, para tenaga medis, terpapar Covid-19 dan sebagian meninggal. Ribuan dimakamkan dengan prosedur Covid-19."

Anies mengungkapkan, ribuan keluarga di Jakarta kehilangan kerabatnya dan mereka tidak bisa mengantarkan ke pemakaman orang-orang tercinta tersebut. Ribuan orang kehilangan pendapatan secara total, ada yang kehilangan pekerjaan, dan tidak sedikit yang usahanya berhenti sama sekali.

"Jadi bukan hanya kita di Pemprov DKI Jakarta yang terdampak, semua terdampak. Tapi harus kita ingat bahwa semua yang terdampak itu, mereka bukanlah penyelenggara negara. Berbeda dengan kita," ujarnya. 

Untuk itu, Anies meminta kepada ASN menunjukkan bahwa pikiran, ucapan, tindakan jauh lebih besar dari sekadar urusan gaji, tunjangan, atau urusan fasilitas lain. 

Anies menambahkan, "Katakan pada semua, 'Ya, anggaran kita turun. Ya, pendapatan kita berkurang. Ya, Tunjangan Kinerja Daerah kita berkurang. Tapi kita tetap penuh komitmen untuk terus bekerja bagi rakyat Jakarta.' Jangan pernah luntur. Jangan goyah. Jangan lesu. Tunjukkan di depan keluarga, di depan kolega, di depan warga semua, dalam kondisi penuh cobaan seperti ini, ASN DKI Jakarta tangguh.”