Tak Disangka-sangka, Smartphone Ini Paling Banyak Dicari selama Pandemi Covid-19

Rosmayanti - Digital Economy

Senin, 25 Mei 2020 15:40 WIB

tak disangka-sangka, smartphone ini paling banyak dicari selama pandemi covid-19

Tak bisa dimungkiri, pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini membuat masyarakat mengutamakan dana yang dimiliki untuk membeli kebutuhan pokok serta untuk kesehatannya. Akibatnya, minat untuk barang-barang elektronik seperti smartphone pun turun.

Bahkan, keinginan masyarakat untuk mencari tahu informasi mengenai sebuah produk mengalami penurunan. Ini seperti hasil riset iPrice, terkait model dan jenis smartphone yang paling banyak dicari melalui mesin pencarian online di Asia Tenggara.

Laporan tersebut berasal dari data perilaku pencarian konsumen di Google Keyword Planner. iPrice menyusunnya berdasarkan kata kunci produk yang ada, seperti iPhone SE, OnePlus, OnePlus 8 Pro, dan Mi 10.

Baca Juga: Smartphone Kelas Menengah Laris Manis, Samsung & Xiaomi Paling Laku Keras

Riset dilakukan untuk smartphone terbaru, yang dirilis April 2020 dan dibandingkan dengan model yang telah ada di pasaran sebelum pandemi terjadi. Indonesia menjadi salah satu negara yang ditelitik, selain Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Fillipina, dan Hong Kong.

Mengutip laman resminya, Senin (25/5/2020), iPrice mencatat jika pencarian iPhone SE melonjak 206%. Jumlahnya tiga kali lebih tinggi dari iPhone 11 Pro saat pertama kali dirilis September lalu. Pencarian soal ponsel tersebut rata-rata mencapai 673ribu pencarian dari maret hingga April.

Laporan ini menunjukkan jika ada permintaan tinggi pada iPhone SE selama pandemi. iPrice juga melaporkan ada proporsi pencarian dari iPhone SE yang memperoleh 78% dibandingkan brand lain. Salah satu sebabnya, produk itu ada di kelas menengah berbanderol US$399 atau Rp5,8 jutaan.

Saat dirilis April lalu, iPhone SE terlihat seperti iPhone 8. Layar ponsel tersebut berukuran layar 4,7 inci dan memiliki bezel besar pada sisi atas dan bawah serta tombol beranda Touch ID.

Ponsel yang banyak dicari berikutnya adalah OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro. Pencarian dua produk ini didominasi di negara seperti Singapura, Malaysia, Fillipina, Thailand, dan Hongkong. Posisi berikutnya adalah produk Xiaomi, yakni Mi10. Ponsel ini memiliki 7% pencarian di bulan Maret hingga April lalu.

Berbanding terbalik dengan ponsel-ponsel tadi, iPrice mencatat sejumlah produk mengalami penurunan pencarian di lokasi yang sama. Misalnya seperti Huawei Nova 7 dengan penurunan rata-rata 45% dibandingkan dengan model sebelum adanya pandemi.