6 BUMN Berduyun-duyun Sumbang Bantuan Tangkal Covid-19

Rosmayanti - CSR

Kamis, 26 Maret 2020 11:08 WIB

6 bumn berduyun-duyun sumbang bantuan tangkal covid-19

Wabah virus Corona yang melanda Indonesia beberapa waktu belakangan kian lama, kian meluas. Tercatat hingga tulisan ini dipublikasikan, virus yang awalnya ditemukan di China ini tercatat menginfeksi 790 orang di Indonesia.

Saat ini pemerintah pusat dan pemerintah daerah sedang melakukan berbagai macam cara, termasuk kebijakan dan juga bantuan-bantuan medis, untuk menahan penyebaran virus yang menyerang bagian sistem pernapasan manusia.

Bila melihat permasalahan yang serius seperti ini, rasanya tak akan cepat terselesaikan bila hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Beberapa korporasi, baik BUMN ataupun swasta juga didorong proaktif melawan pandemi ini.

Baca Juga: Erick Thohir Hitung-hitung Kerugian BUMN dari Dampak Corona

Berbicara korporasi pelat merah, beberapa sudah melakukan berbagai upaya untuk membantu pemerintah melalui bantuan-bantuan. Baik itu bantuan peralatan medis, penyemprotan disinfektan, sosialisasi kepada masyarakat, dan beberapa bantuan jenis lainnya.

Berdasarkan pantauan Warta Ekonomi, berikut BUMN yang bergerak dalam penanganan pandemi virus Corona di Indonesia.

1. Pertamina

PT Pertamina (Persero) memperluas cakupan bantuan tidak hanya di Jakarta sebagai pusat penyebaran virus corona (Covid-19), tetapi hingga Batam, Kepulauan Riau serta Jayapura, Papua. Bantuan yang diberikan juga beragam, meliputi masker, alat pelindung diri (APD), hand sanitizer, cairan disinfektan, sembako, serta makanan siap santap.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan Pertamina bersama unit operasi dan anak perusahaan, seperti Pertamina Lubricants, Nusantara Regas, dan Pertamedika menyalurkan berbagai bantuan yang dibutuhkan masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Di Jakarta, bantuan yang telah disalurkan sejak 5 Maret hingga 23 Maret 2020, meliputi masker 23.200 buah, APD 515 set, gown 10 buah, serta edukasi menjaga pola hidup dan menangkal corona. Bantuan diberikan melalui sembilan Puskesmas dan 49 posyandu di Jakarta Utara, RS BUMN, RS Sulianti Saroso, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, serta SPBU Coco Yos Sudarso, Sunter, Jakarta Utara.

Selain di Jakarta, Pertamina juga memberikan bantuan masker sebanyak 500 buah, hand sanitizer 60 botol, sabun cuci tangan 60 botol, dan sarung tangan latex 500 buah, yang diberikan ke Puskesmas di Ring 1 DPPU Hang Ngadim, Batam, Kepulauan Riau.

Di Palembang, Pertamina menyalurkan bantuan 31 paket sembako dan 100 paket sehat berupa vitamin, masker, dan hand sanitizer bagi pelanggan SPBU. Sementara di Semarang, Pertamina menyemprotkan disinfektan di 31 titik dan dan lima titik di Yogyakarta.

Selain itu, di Cilacap, Pertamina memberikan bantuan sembako, sabun, susu & vitamin sebanyak 3.000 paket. Adapun di Papua, Pertamina memberikan bantuan cairan pembersih tubuh dan ruangan sebanyak 200 paket ke Puskemas di Jayapura.

 

2. Telkom Indonesia

Usai ditetapkannya Wisma Atlet Kemayoran sebagai RS Darurat Virus Corona (Covid-19), berbagai fasilitas sedang disiapkan, salah satunya fasilitas telekomunikasi. Ketersediaan layanan telekomunikasi dan akses informasi yang cepat menjadi salah satu faktor penting untuk mendukung tenaga medis dan tim satuan gugus tugas, serta pihak-pihak lain yang menjalankan aktivitasnya, seperti melakukan update informasi, data pasien, dan lain sebagainya.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom Group) menyediakan dukungan akses internet dan sarana teknologi informasi dan komunikasi guna memudahkan para petugas merawat para pasien maupun untuk keperluan koordinasi berbagai pihak, baik RS, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, dan pihak terkait lainnya.

Dukungan Telkom Group untuk RS Darurat Covid-19 berupa penyediakan Astinet (dedicated internet) 2 x 100 Mbps untuk layanan internet, IndiHome 4 x 100 Mbps, akses Wifi.id 3 x 100Mb, dan tambahan nomor hunting Call Center 119 untuk Kemenkes.

Sedangkan untuk akses mobile, Telkomsel memperkuat sinyal di area lokasi dengan peningkatan kapasitas BTS menjadi full capacity yang ditunjang dengan penambahan akses 500 hingga 800 Mbps dan BTS indoor serta penempatan BTS mobile (Combat). Di samping infrastruktur tersebut, Telkom Group menyiapkan perangkat pendukung lain, seperti server, PC (personal computer), printer, dan TV display.

3. Pupuk Indonesia

PT Pupuk Indonesia (Persero) mengajak masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan pola hidup sehat, sekaligus mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19), membagikan ratusan paket kesehatan ke masyarakat di sekitar kantor perseroan di Kemanggisan Jaya, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Senin (16/3/2020).

Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana mengatakan, sebanyak 895 paket kesehatan yang dibagikan ke masyarakat, terdiri dari cairan pencuci tangan (hand sanitizer), masker, sabun cuci tangan, susu dan vitamin.

Adapun bantuan paket kesehatan tersebut diserahkan langsung kepada masing-masing Ketua RT, untuk dibagikan oleh ke warganya. Hal itu dimaksudkan guna menghindari perkumpulan massa yang berisiko terjadi penyebaran virus.

4. Sucofindo

Sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19, PT Sucofindo (Persero) memberikan bantuan disinfektan, masker, handsanitizer dan lainnya ke Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan. Penyaluran bantuan ini diserahkan langsung oleh perwakilan PT Sucofindo, Kepala Unit PKBL Eka Abdullah kepada Lurah Pancoran, Jakarta Selatan.

Bantuan yang diberikan berupa 10 kg cairan disinfektan, 250 masker, dan 22,5 liter hand sanitizer. Sucofindo telah berkoordinasi dengan Kelurahan Pancoran, agar melakukan penyemprotan disinfektan dilakukan oleh petugas sanitasi kelurahan.

Sebagai tahap awal, penyemprotan telah dilakukan di area sekolah Madrasah Ibtidaiyah Daarul Ulum Pancoran, Jakarta Selatan. Penyaluran bantuan ini nantinya akan tersebar di wilayah Pancoran, Jakarta Selatan lainnya.

5. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI ikut serta menanggulangi penyebaran virus corona melihat semakin banyaknya masyarakat yang terpapar virus tersebut. Melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli, BRI memberikan beberapa bantuan dasar berupa masker, hand sanitizer, dan APD.

Corporate Secretary BRI, Amam Sukriyanto mengatakan, sejak per Selasa kemarin (24/3/2020) pihaknya telah membagikan 200 ribu masker, 5 ribu hand sanitizer, dan 1.000 APD kepada masyarakat umum, pemerintah, tenaga medis, TNI, Polri, dan lembaga lainnya yang bergerak di bidang penanganan Covid-19.

BRI juga bersinergi dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) dan Kimia Farma menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Selain itu, diberikan pula penyemprotan disinfektan yang menargetkan fasilitas umum, seperti tempat ibadah, sekolah, dan fasilitas-fasilitas publik lainnya di tiga kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, saat ini total bantuan yang BRI anggarkan mencapai Rp4,2 miliar dan kemungkinan akan terus bertambah menyesuaikan dengan kondisi dan situasi terbaru.

Baca Juga: Corona Tak Terbendung, Menkes Era SBY Memohon ke Jokowi

6. Hutama Karya

PT Hutama Karya (Persero) yang diberi amanah oleh Kementerian BUMN sebagai PIC tanggap darurat bencana di Tanggerang Selatan menyalurkan bantuan CSR berupa penyediaan kebutuhan wajib yang dapat membantu masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona berupa stok masker dan hand sanitizer

Bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Kota Tanggerang Selatan, bantuan tahap pertama berupa 2.000 masker dan 720 hand sanitizer pocket diserahkan oleh Manajer CSR & PKBL Hutama Karya, Agus Kosasih pada Selasa (16/3) dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanggerang Selatan, Deden Deni.

Bantuan ini merupakan penyaluran tahap pertama. Hutama Karya juga telah mempersiapkan stok tambahan untuk penyaluran bantuan di tahap selanjutnya.