Menteri Mahfud Perintahkan Impor Alkes dan APD Harus Dipermudah

Ferry_hidayat - Nasional

Selasa, 24 Maret 2020 07:30 WIB

menteri mahfud perintahkan impor alkes dan apd harus dipermudah

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menginstruksikan agar alur impor alat kesehatan (alkes) dan alat pelindung diri (APD) dipermudah karena sangat dibutuhkan untuk pencegahan penyebaran virus Corona.

"Kita sudah menempatkan pegawai-pegawai bea cukai di berbagai pelabuhan udara dan perlintasan darat dan laut itu.agar tidak mempersulit masuknya barang-barang dari luar," katanya, melalui video pressconference kepada media, di Jakarta, Senin.

Baca Juga: Cegah Corona, Polisi Bakal Gelar Sidak Kerumunan Massa

Kebijakan tersebut diambil untuk mempercepat langkah menekan penyebaran virus Corona oleh petugas-petugas kesehatan yang sangat membutuhkan APD dan alkes dalam tugasnya.

"Sebelum itu kan ada keluhan, ya, kita kok sulit sekali mendapatkan barang-barang alkes dan alat perlindungan diri (APD) itu. Nah, kemarin sudah diputuskan bahwa itu harus dipermudah," katanya.

Bahkan, kata dia, sebelumnya ada pula keluhan lamanya proses masuknya barang karena harus dinilai oleh Kementerian Kesehatan mengenai berbagai persyaratan yang ditentukan.

"Sekarang sudah ada jalur-jalur 'online' yang bisa dipaket di situ untuk minta izin masuk jenis barang apa biasanya bisa dilayani, ini boleh, ini tidak boleh, itu kebijakannya," katanya.

Mahfud juga menyebutkan sempat ada rencana mengimpor alkes dan APD dari Korea Selatan, dan separuhnya dihibahkan untuk penanganan penyebaran virus Corona di Indonesia.

"Yang terpenting itu bagaimana mempermudah dan menyediakan, dan menyampaikannya kepada masyarakat. Jumlahnya, tergantung kebutuhan," katanya.