Jokowi Mau Jemput Anak WNI Eks ISIS, Demokrat Bawa-Bawa Trump

Vicky - Politik

Sabtu, 15 Februari 2020 13:10 WIB

jokowi mau jemput anak wni eks isis, demokrat bawa-bawa trump

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Didik Mukrianto menyoroti respons Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membuka peluang untuk menjemput anak-anak WNI eks ISIS ke Tanah Air.

Ia pun mengingatkan pemerintah jangan mengambil kebijakan seperti Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang memisahkan anak-anak migran dari orang tuanya.

Menurut dia, memisahkan anak-anak WNI eks ISIS dari orang tuanya memiliki masalah dasar yakni terkait psikologis. Ia mengatakan, pemerintah perlu memikirkan pola penanganan anak-anak di bawah umur tersebut.

"Jangan sampai seperti kebijakan yang diambil oleh Donald Trump, ketika banyak pengungsi Meksiko orang tuanya enggak boleh masuk tapi anak-anaknya diambil. Ini bakal menimbulkan persoalan baru terhadap anak-anak," katanya kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat (14/2/2020).

Baca Juga: Jajaran Trump Beri Perpanjangan Izin ke Huawei, Biar Tetap Berbisnis dengan Perusahaan AS

Baca Juga: Bahaya Pak Jokowi, Bahaya! Anak-Anak Simpatisan ISIS Adalah Bom Waktu

Lanjutnya, ia pun meminta Presiden Jokowi untuk mengkaji rencana tersebut secara hati-hati. Menurutnya, Jokowi juga harus mengambil langkah yang sesuai dengan kebijakan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dalam persoalan pemulangan WNI eks ISIS.

"Penanganan ini butuh kejelian, kehati-hatian, dan pertimbangan matang yang tentu tidak lepas kemudian langkah-langkah dunia, langkah PBB dalam menangani persoalan ini," jelasnya.