Amerika-Huawei Terus 'Musuhan', Operator Sekutu Paman Sam Malah Gandeng Perusahaan

Tanayastri - Digital Economy

Jum'at, 14 Februari 2020 16:22 WIB

amerika-huawei terus 'musuhan', operator sekutu paman sam malah gandeng perusahaan

Operator telekomunikasi Kanada, Telus Corp, akan segera meluncurkan jaringan 5G dengan memanfaatkan komponen teknologi dari perusahaan China, Huawei.

Kepala Keuangan Telus, Doug French berujar, modul awal akan dilengkapi peralatan telekomunikasi milik perusahaan China itu. Perusahaan juga mengaku akan bekerja sama dengan Pemerintah Kanada dalam membangun ekosistem.

"Sangat penting bagi kami untuk meluncurkan jaringan pada waktu yang tepat," kata French, dikutip dari Reuters, Jumat (14/2/2020).

Baca Juga: Amerika Kembali Serang Huawei, Kali Ini Bilang: Mereka Curi Rahasia Dagang!

Kanada sedang meninjau implikasi keamanan jaringan 5G, termasuk menimbang keputusan melibatkan Huawei sebagai memasok peralatan atau tidak.

Pada Kamis (13/2/2020), Telus menyampaikan hal ini kepada pemerintah, "biaya terkait pengaturan jaringan nirkabel 5G akan lebih tinggi jika pemerintah melarang Huawei."

Sementara itu, para Jaksa Penuntut AS menuding Huawei mencuri rahasia dagang dan membantu Iran melacak pengunjuk rasa dalam dakwaan terbarunya terhadap perusahaan China tersebut.

Saat ini, Kepala Keuangan Huawei, Meng Wanzhou berada di tahanan Kanada dan menunggu keputusan ekstradisi ke Amerika Serikat.