Pentagon Bantah Iran Tembak Jatuh Drone AS

Shelma - Internasional

Jum'at, 08 November 2019 22:16 WIB

pentagon bantah iran tembak jatuh drone as

Pentagon membantah laporan yang menyatakan bahwa pesawat tak berawak (drone) Amerika Serikat (AS) ditembak jatuh oleh pasukan pertahanan Iran di provinsi Khuzestan. Pentagon mengatakan semua peralatan militer AS di daerah itu telah tercatat.

"Dugaan laporan drone AS yang ditembak jatuh tidak benar," tulis Komando Pusat AS (CENTCOM) di Twitter.

Baca Juga: Pasukan Iran Tembak Jatuh Drone Milik Asing

"Jika Sistem Pesawat Tanpa Awak (UAV) telah ditembak jatuh di (area) CENTCOM itu bukan aset Departemen Pertahanan AS. Semua peralatan AS telah dibukukan," sambung pernyataan itu seperti disitir dari Sputnik, Jumat (8/11/2019).

Militer Iran sebelumnya mengatakan bahwa pasukan pertahanan udara negara itu telah menembak jatuh pesawat tak berawak asing di dekat pelabuhan Mahshahr di provinsi Khuzestan. Demikian laporan kantor berita negara itu. Namun, tidak jelas apakah UAV itu milik militer atau sipil. Berita itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan, ketika Teheran dilaporkan memberi tahu Organisasi Maritim Internasional (IMO) bahwa tiga tanker minyak Iran telah diserang selama enam bulan terakhir.

Ini adalah kedua kalinya tahun ini Iran telah melaporkan menembak jatuh pesawat drone, salah satunya milik AS. Pada saat yang sama, Washington juga terus meningkatkan pasukannya di wilayah tersebut. AS sebelumnya membentuk koalisi maritim untuk mencegah serangan di dekat Selat Hormuz setelah beberapa insiden yang melibatkan kapal kargo di Teluk Persia dan Teluk Oman.