Kemenlu Iran Sebut Rouhani dan Trump Tak Akan Bertemu di Sidang PBB

Abdulhalimtrian - Internasional

Senin, 16 September 2019 17:00 WIB

kemenlu iran sebut rouhani dan trump tak akan bertemu di sidang pbb

Kementerian Luar Negeri Iran membeberkan jika Presiden Iran Hassan Rouhani tidak akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada sidang majelis PBB di New York

 

Ungkapan tersebut terkait komentar Trump yang mengatakan bahwa dirinya kemungkinan akan melakukan pertemuan dengan Rouhani dalam sidang majelis PBB dalam waktu dekat.

 

“Acara seperti itu (pertemuan Trump dan Rouhani di New York) tidak ada dalam agenda kami, juga tidak akan terjadi. Pertemuan semacam itu tidak akan terjadi," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Abbas Mousavi melansir Reuters, Senin (16/9/2019).

 

Baca Juga: Terkait Serangan Fasilitas Minyak Arab Saudi, AS Nyatakan Siap Serang Iran

 

fulswx19tuiom9me6z7j_20108.jpg

 

Trump seringkali mengatakan jika Presiden Iran Hassan Rouhani akan bertemu dengannya di sidang Majelis Umum PBB pada bulan ini. Tetapi, sejauh ini Iran belum memberikan respons positif.

 

Rouhani telah mengecam pemerintahan Trump, yang telah memberi tekanan pada Iran, dengan mengatakan Amerika harus memahami bahwa sikap mencela dan penghasut perang tidak menguntungkan mereka. Iran dan AS berselisih sejak Trump menarik diri dari menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 dan mulai memberikan sanksi kepada Iran.

 

Pertemuan Trump dan Rouhani diinisiasi oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron, sebagai cara untuk mengurangi ketegangan barat dan Iran.