Keinginan Menteri Lingkungan Jepang Agar Negaranya Stop Pakai Tenaga Nuklir

Abdulhalimtrian - Internasional

Kamis, 12 September 2019 20:30 WIB

keinginan menteri lingkungan jepang agar negaranya stop pakai tenaga nuklir

Menteri lingkungan Jepang, Shinjiro Koizumi, mengharapkan negaranya untuk berhenti memakai tenaga nuklir agar menghindari terulangnya bencana Fukushima pada 2011.

 

Pernyataan putra mantan perdana menteri Junichiro Koizumi tersebut berbalik dengan rencana Partai Demokrat Liberal yang berkuasa, yang mendukung kembalinya tenaga nuklir di bawah aturan keselamatan baru yang diberlakukan setelah bencana Fukushima.

 

"Saya ingin kita akan menghancurkan reaktor nuklir, bukan mempertahankannya," jelas Shinjiro Koizumi sehari usai ditunjuk oleh Perdana Menteri Shinzo Abe seperti diwartakan Reuters, Kamis (12/9/2019).

 

odniyu2tucnad86vx70v_22124.jpg

 

Regulator nuklir Jepang saat ini dipegang oleh kementerian yang dipimpin Koizumi. Tiga reaktor di PLTN Fukushima Daiichi yang dijalankan oleh Tokyo Electric Power hancur usai terkena gempa besar dan tsunami pada Maret 2011, dan memuntahkan radiasi yang memaksa 160.000 orang melarikan diri, dan banyak dari tidak pernah kembali.

 

Banyak reaktor nuklir Jepang, sebelum Fukushima memasok sekitar 30 persen listrik negara itu, sedang melalui proses perizinan ulang di bawah standar keselamatan baru.

 

Jepang memiliki enam reaktor yang beroperasi saat ini, sebagian kecil dari 54 unit sebelum Fukushima. Sekitar 40 persen dari armada pra-Fukushima sedang dinonaktifkan.