PSSI, Jangan Gengsi Buat Ikuti Thailand dan Vietnam!

Msyahrianto - Olahraga

Rabu, 11 September 2019 17:00 WIB

pssi, jangan gengsi buat ikuti thailand dan vietnam!

Tagar #SimonOut membahana setelah Tim Nasional (Timnas) Indonesia kalah 0-3 dari Thailand di partai kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa (10/9/2019) malam WIB. Pecinta sepak bola Tanah Air mendesak PSSI untuk mencopot Simon McMenemy dari jabatan pelatih.

Semenjak ditangani McMenemy, hasil yang didapat Timnas Indonesia tak bisa dikatakan baik. Dari lima pertandingan, skuat Garuda hanya mengemas dua menang dan mengalami tiga kekalahan.

Jika nantinya PSSI mengambil keputusan berani dengan memecat McMenemy, tidak ada salahnya induk sepak bola Tanah Air itu untuk mengangkat pelatih asal Asia. Kenapa?

Baca Juga: Plus-Minus Timnas Indonesia Saat Dipimpin oleh Pelatih Asal Skotlandia Simon McMenemy

Saat ini, Vietnam, Thailand dan Malaysia yang merupakan kekuatan utama sepak bola Asia Tenggara, tidak segan menunjuk pelatih asal Benua Kuning. Vietnam saat ini ditangani juru taktik asal Korea Selatan (Korsel) Park Hang-seo, Thailand (Akira Nishino/Jepang) dan Malaysia (Tan Cheng Hoe/Malaysia).

Di tangan nama-nama di atas, hasil yang didapat Vietnam, Thailand dan Malaysia terhitung apik. Park membawa Golden Stars lolos ke final Piala Asia U23 2018, semifinal Asian Games 2018 dan keluar sebagai kampiun Piala AFF 2018.

Nishino yang baru ditunjuk sebagai pelatih Thailand pada awal Juli, membuat skuat Gajah Perang clean sheet dalam dua laga awal. Sementara Cheng Hoe membuat Harimau Malaya tampil dominan di semua laga yang mereka jalani. Bahkan Cheng Hoe mengantarkan Malaysia finis runner-up di Piala AFF 2018.

Baca Juga: Santai, McMenemy Tanggapi Teriakan 'Simon Out' dengan Santai

Karena itu, tidak ada salahnya bagi PSSI untuk memercayakan juru taktik asal Asia di bangku pelatih.

Terlebih di luar pelatih lokal, Indonesia baru satu kali memercayakan juru taktik asal Asia. Momen itu terjadi pada 1951, saat Indonesia turun di Asian Games 1951. Kala itu, Choo Seng Quee (Singapura) membawa Indonesia lolos ke perempatfinal Asian Games 1951.