27 Warga Mesir Dapat Beasiswa dari Indonesia

Yudi_suprobo - Internasional

Sabtu, 11 Agustus 2018 13:32 WIB

27 warga mesir dapat beasiswa dari indonesia

Sedikitnya 27 warga Mesir menerima beasiswa Darmasiswa RI dari pemerintah Indonesia untuk secara khusus mempelajari bahasa dan budaya Indonesia selama satu tahun.

"Saat nanti berada di Indonesia, mereka akan disebar ke sejumlah kampus yang termasuk dalam daftar perguruan tinggi pelaksana Beasiswa Darmasiswa," ujar Dubes Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzi melalui keterangan resmi, Sabtu (11/8/2018).

Lebih lanjut, enam dari 27 orang akan mempunyai kesempatan menempuh studi S2 di berbagai universitas ternama di Indonesia. Mereka mendapatkan beasiswa penuh selama 3 tahun. Keenam orang tersebut merupakan peraih Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB).

Selain 27 orang ini, ada dua warga Mesir lainnya yang juga akan bertolak ke Jakarta selama 10 hari setelah berhasil menjadi juara satu Lomba Pidato dan Lomba Bercerita dalam Bahasa Indonesia bagi penutur asing yang diselenggarakan KBRI Kairo beberapa waktu lalu.

Khusus bagi pemenang lomba, mereka akan berkesempatan mengikuti peringatan detik-detik proklamasi yang akan digelar pada 17 Agustus di Istana Merdeka, Jakarta. Setelah itu, mereka akan berkeliling Sumatera Barat untuk mengenal salah satu budaya tradisional Indonesia, terutama Suku Minang.

Dalam acara pelepasan dan pembekalan yang digelar di KBRI Kairo, Mesir, (9/8), Dubes Helmy berharap para penerima beasiswa dan juara lomba dapat mempelajari lebih jauh budaya nusantara.

"Semoga setelah pulang nanti, kalian dapat menjadi Duta Indonesia di Mesir yang semakin mempererat hubungan Indonesia dan Mesir," katanya.

Dubes Helmy juga mengusulkan adanya forum alumni warga Mesir penerima beasiswa RI, juara lomba pidato dan program pertukaran pelajar RI-Mesir dengan harapan ini dapat memelihara kedekatan warga Mesir dengan KBRI dan masyarakat Indonesia.

"Pengalaman yang baik selama di Indonesia harus makin sering diceritakan agar kian banyak warga Mesir yang tertarik mempelajari Indonesia," ujar Dubes Helmy.

Dalam acara pembekalan tersebut berisi pemberian sejumlah materi tentang pengenalan budaya Indonesia. Selain itu, beberapa mantan penerima Beasiswa Darmasiswa juga ikut berbagi pengalaman selama di Indonesia.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo Usman Syihab menjelaskan acara pembekalan itu bertujuan untuk memberi pemahaman awal tentang Indonesia.

"Saya berharap acara pembekalan bisa bermanfaat sehingga dapat langsung menyesuaikan diri dengan lingkungan di Indonesia sehingga dapat belajar dengan dengan baik," kata Usman.

Di sela-sela acara, beberapa peserta mengaku gembira karena terpilih sebagai penerima beasiswa Indonesia.

"Ini adalah impian saya sejak lama," tutur Rania, calon penerima beasiswa yang akan diterima di Universitas Negeri Malang.