Ponpes Milik Ma'ruf Amin Optimis Indonesia Bisa Lebih Maju

Yudi_suprobo - Agribisnis

Sabtu, 11 Agustus 2018 10:32 WIB

ponpes milik ma'ruf amin optimis indonesia bisa lebih maju

Pondok pesantren (Ponpes) An Nawawi Tanara milik KH Ma'ruf Amin di Kabupaten Serang, Provinsi Banten berharap Indonesia lebih maju di berbagai bidang pembangunan.

"Kita optimistis sosok kyai sebagai wakil Presiden Joko Widodo atau Jokowi masa bakti 2019-2024 bisa mewujudkan Indonesia menjadi lebih baik," kata Yayan, seorang abdi dalam Ponpes An Nawawi Tanara Kabupaten Serang, Sabtu.

Santri ponpes An Nawawi Tanara mendukung KH Ma'ruf Amin menjadi cawapres karena dinilai mampu membangun Indonesia ke depan. Sosok kyai memiliki wawasan luas di bidang agama, ekonomi, politik juga pengalaman di berbagai organisasi kemasyarakatan.

KH Ma'ruf Amin juga menjabat Ketua MUI Pusat dan Rais Aam PBNU. Bahkan, pemikiran kyai akan membangun ekonomi keumatan sehingga mampu mensejahterakan masyarakat secara adil.

"Kami yakin pemikiran KH Ma'ruf Amin akan fokus dan konsentrasi untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik," katanya.

Menurut dia, saat ini Ponpes An Nawawi Tanara yang didirikan tahun 2000 oleh KH Ma'ruf Amin mengalami kemajuan pesat. Ponpes An Nawawi Tanara menyelenggarakan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI),Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Perguruan Tinggi Sekolah Ilmu Fiqih (STIQ).

Mereka para santri yang belajar di ponpes tersebut dari berbagai daerah di Tanah Air. Pola materi pembelajaran di ponpes itu dipadukan antara sistem pendidikan salafiyah dan modern.

Bahkan, KH Ma'ruf Amin setiap Minggu pagi memimpin pengajian telaah Tafsir Jalalen kepada santrinya. Para santri juga mendalami kitab-kitab kuning dengan sistem coretan untuk memaknai isi harfiyah dalam kandungan kitab itu. Sebab, kyai Ma'ruf Amin adalah alumnus ponpes Tebu Ireng, Jawa Timur.

"Kami merasa senang dan mendukung pengasuh Ponpes An Nawawi Tanara sebagai wakilnya Jokowi untuk membangun Indonesia," pungkasnya. (HYS/Ant)