Tolak Klaim Kemenangan Syamsuar, Firdaus-Rusli Punya Versi Kemenangan Sendiri

Ferry_hidayat - Politik

Kamis, 28 Juni 2018 08:29 WIB

tolak klaim kemenangan syamsuar, firdaus-rusli punya versi kemenangan sendiri

Koalisi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Firdaus-Rusli mengklaim meraih kemenangan pada pilkada yang berlangsung Rabu (27/6) dengan meraih 36,3 persen suara. Optimisme ini mencuat berdasarkan hasil hitung riil tim pemenangan Firdaus-Rusli dari 12 kabupaten/kota yang masuk ke pusat data posko koalisi menjelang dini hari.

"Dari data kita dapat menyatakan bahwa pasangan Firdaus-Rusli lebih unggul dari pasangan lain. Apalagi kalau nanti data dari Kampar yang menjadi lumbung suara kita masuk, tentu akan lebih melonjak lagi suaranya," kata ketua tim koalisi, Chaidir MM melalui rilis yang disampaikan di Pekanbaru, Kamis (28/6/2018).

Menurut Chaidir, hingga pukul 21.30 WIB, pasangan Firdaus-Rusli meraih suara sebesar 36,3 persen, disusul pasangan Syamsuar-Edi 33,4 persen, Andi-Suyatno 16,5 persen, dan 11,6 persen. Data tersebut berasal dari 980 tempat pemungutan suara (TPS) dari 12.045 TPS yang ada.

Ditambahkannya, di Kampar yang jumlah pemilih dan partisipasi politiknya tinggi, pasangan Firdaus-Rusli meraih lebih 80 persen suara. Sedangkan di Inhil, yang jumlah suaranya juga besar pasangan Firdaus-Rusli menampati posisi kedua.

"Sementara untuk Pekanbaru, meski kita tidak unggul, namun tingkat partisipasi masyarakatnya rendah. Jadi sekali lagi, kita optimis Firdaus-Rusli dapat memenangkan Pilkada ini," tegasnya.

Menyikapi adanya klaim kemenangan dari kubu Syamsuar-Edi, mantan Ketua DPRD Riau ini menyatakan hal itu biasa saja sebagai strategi pemenangan, namun hasil pasti dan resmi tentu nanti akan ditentukan oleh KPU.