Menhub Apresiasi Pekerjaan Jembatan Gantung Kalikuto

Vicky - Transportasi

Kamis, 14 Juni 2018 04:02 WIB

menhub apresiasi pekerjaan jembatan gantung kalikuto

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi PT Waskita Karya terhadap pekerjaan jembatan gantung Kalikuto yang menghubungkan jalur tol fungsional Kabupaten Batang dan Kendal.

"Dengan difungsikannya sementara jembatan yang menjadi ikon baru Kota Batang itu maka tol Batang-Semarang tidak lagi terputus," katanya di Batang, Rabu (13/6/2018).

Menurut dia, dengan dibangunnya jembatan Kali Kuto itu maka bisa memperlancar pelaksanaan arus mudik Lebaran meski fungsinya masih sementara.

"Saya selaku koordinator (pelaksanaan mudik Lebaran 2018, red) mengapresiasi kerja PT Waskita Karya, bahwa akhirnya jembatan ini bisa memperlancar pelaksanaan arus mudik untuk sementara," katanya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa jembatan Kali Kuto itu hanya baru satu lajur yang bisa dilewati kendaraan dari arah Jakarta menuju Semarang.

"Hari ini (13/6) jembatan resmi dibuka, untuk tol fungsional meski baru satu lajur. Ini untuk membantu untuk memperlancar arus kendaraan terutama di jalur tol fungsional," katanya.

Jembatan sepanjang 160 meter itu, kata dia, berjenis baja pelengkung dan didesain memiliki 6 jalur yaitu tiga ke Semarang dan tiga ke arah Jakarta.

"Karena bersifat sementara untuk dilintasi yang dilapisi lempengan besi, pada lajur lainnya masih dilakukan untuk samping kiri dan kanan lempengan yang diberi pembatas. Akan tetapi, jembatan ini mampu dilintasi kendaraan dengan kapasitas 16 ton," katanya.

Ia mengatakan saat ini Jembatan Kalu Kuto masih dibuka untuk satu arah yaitu dari arah barat (Jakarta) menuju ke arah timur (Semarang).

"Nantinya, saat arus balik Lebaran jembatan itu hanya bisa dilintasi untuk sebaliknya, yaitu dari arah Semarang menuju ke arah Jakarta. Nantinya akan dibuka pada Senin (20/6) sekitar pukul 06.00 WIB," katanya.