Jasa Marga Imbau Pengendara Unduh Aplikasi JMCare

Fauziah_hidayah - Transportasi

Rabu, 13 Juni 2018 22:14 WIB

jasa marga imbau pengendara unduh aplikasi jmcare

PT Jasa Marga Cabang Jagorawi mengimbau pengguna layanan jalan tol dapat mengunduh aplikasi JMCare sebagai acuan informasi selama perjalanan mudik H-2 Lebaran 2018/Idul Fitri 1439 H.

"Ini cukup membantu, yakni masyarakat dapat mengetahui kepadatan dan pengambilan keputusan untuk jalur yang akan diambilnya," kata Humas PT Jasa Marga Cabang Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi), Ryan, di Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (13/6/2018).

Menurut dia, aplikasi ini mempermudah masyarakat ketika menggunakan jalan tol, terlebih untuk memperlancar perjalanan mudik Lebaran. Masyarakat dapat mengunduh melalui telepon genggam berbasis Android atau iOS.

"Jadi, penggunaannya tentu tidak perlu ada kekhawatiran atau kebingungan bila berada di tengah perjalanan. Aplikasi ini cukup memadai, di mana juga melengkapinya dengan pantauan area melalui kamera pengintai (CCTV)," ujar Ryan.

Selain itu, memiliki menu-menu pembantu perjalanan, antara lain menu bertajuk perjalanan Anda sebagai asisten perjalanan, dan info lalu lintas 24 jam, call center 14080.

Terdapat menu pantauan lalu lintas melalui CCTV, informasi tempat istirahat, informasi tarif jalan tol, menu bantuan mobil derek, layanan gawat darurat melalui tombol panik, serta menu untuk menyampaikan saran dan keluhan mengenai fasilitas jalan tol.

"Ini adalah terobosan utama bagi pengguna layanan jalan tol untuk memudahkan dalam berkendara menuju ke kampung halaman," katanya.

Ia menambahkan, dalam hal ini juga meminta masyarakat untuk menjaga kendaraannya agar tetap pada kondisi prima maupun pengendaranya. Menyiapkan bekal siap saji pada kendaraannya untuk meminimalisasi waktu.

Hal tersebut dikarenakan bila pengemudi berhenti di tempat istirahat (rest area) maka akan mengantre dan kesusahan mencari tempat parkir.

Tentu dengan adanya hal tersebut jarak tempuh akan semakin jauh dari estimasi waktu sebelumnya. Itu dapat mengganggu kelancaran dikarenakan kepadatan lalu lintas setiap jam dapat berubah.

Ryan menjelaskan, dalam hal ini Jasa Marga hanya ingin mempermudah akses informasi dengan aplikasi JMCare yang dapat diakses dengan mudah. (FNH/Ant)