Jasa Raharja Berangkatkan Pemudik Gratis 4 Provinsi

Fauziah_hidayah - CSR

Rabu, 13 Juni 2018 21:36 WIB

jasa raharja berangkatkan pemudik gratis 4 provinsi

PT Jasa Raharja memberangkatkan 55 unit bus pemudik gratis dengan tujuan empat provinsi di Pulau Jawa, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Barat.

"Program ini bagian dari mudik bareng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang digelar rutin," ujar Direktur Keuangan PT Jasa Raharja, Myland, di sela pemberangkatan dari lapangan Makodam V/Brawijaya di Surabaya, Rabu (13/6/2018).

Pada kegiatan tahun ke-11 ini, total terdapat 2.500 kursi yang disediakan untuk 18 daerah tujuan, yaitu Banyuwangi via Situbondo, Banyuwangi via Jember, Blitar, Cepu, Tulungagung, Trenggalek, Magetan, Madiun, Ponorogo, Pacitan, Solo, Yogyakarta, Magelang, Semarang, Tegal, Cirebon, Tasikmalaya, dan Bandung.

Sasaran kegiatan mudik gratis ini salah satunya untuk mengalihkan masyarakat yang mudik ke kampung halaman menggunakan sepeda motor sehingga meminimalisasi risiko kecelakaan lalu lintas.

Menurut dia, aspek keselamatan adalah yang utama sehingga diterapkan standar keselamatan yang tinggi, seperti sosialisasi keselamatan, tes urine bagi pengemudi, hingga mengecek rem agar tercipta rasa aman dan nyaman bagi pemudik.

Sementara itu, Pelaksana Harian Gubernur Jatim, Akhmad Sukardi, menyampaikan rasa terima kasih kepada BUMN yang telah peduli menyediakan sarana bagi masyarakat pemudik.

Dia pun minta kepada pengemudi agar senantiasa mematuhi dan menaati rambu-rambu lalu lintas di jalan raya sehingga tidak menyulitkan aparat keamanan dan memberikan rasa aman serta nyaman bagi penumpang.

"Terpenting pesan saya, sebelum berangkat para sopir harus berdoa dan hati-hati di jalan. Keselamatan adalah yang paling utama," ucapnya.

Di tempat sama, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin yang hadir bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman meminta kepada pemudik dapat memanfaatkan rest area atau tempat istirahat dan pos polisi jika pengemudi mengantuk atau lelah.

Jenderal bintang dua itu menjelaskan, di sejumlah rest area dan pos polisi telah dilengkapi dengan fasilitas kesehatan seperti pijat refleksi, toilet, mushala, dan ruang istirahat. (FNH/Ant)