Bandara Lombok Angkut 59 Ribu Penumpang

Fauziah_hidayah - Transportasi

Rabu, 13 Juni 2018 19:04 WIB

bandara lombok angkut 59 ribu penumpang

Jumlah penumpang melalui Bandara Lombok Internasional Airport (LIA) di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak H-7 hingga H-4 Lebaran 1439 H hampir mencapai 59 ribu orang.

General Manager LIA, I Gusti Ngurah Ardita, mengatakan, untuk jumlah pesawat, sebanyak 518 pergerakan sejak dibukanya posko terpadu angkutan Lebaran 2018 di lobby LIA," katanya.

"Jumlah ini tercatat penerbangan menuju 13 kota yaitu Jakarta, Bali, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bima, Sumbawa, Makassar, Semarang, Banjarmasin, Kupang, dan Benete untuk domestik serta 2 penerbangan internasional yaitu Singapura dan Kuala Lumpur," jelasnya di Praya, Rabu (13/6/2018).

Menurutnya, dibandingkan jumlah 2017, untuk penumpang meningkat sebesar 14,64 %, di mana hingga H-4 yaitu tercatat 59.550 penumpang. Sementara untuk pergerakan pesawat meningkat sebesar 15,63% yaitu tercatat 518 pesawat. 

"Ini merupakan hal yang baik untuk pariwisata Lombok di mana masih banyaknya wisatawan yang berlibur di Pulau Seribu Masjid ini," tambahnya.

Ia mengemukakan pihaknya akan terus meningkatkan fasilitas untuk antisipasi lonjakan penumpang.

Sementara dari informasi Humas LIA, Putri Muslimah, dalam menghadapi arus mudik Lebaran ini, pihak bandara telah mengoperasikan selasar, pick up, dan drop zone untuk para penumpang yang diresmikan pada 7 Juni 2018. 

Hal ini dalam rangka upaya dari manajemen LIA sebagai bentuk antisipasi lonjakan penumpang serta peningkatan pelayanan dan fasilitas.

"Kami juga akan terus meningkatkan fasilitas untuk antisipasi lonjakan penumpang di arus mudik Lebaran," katanya. (FNH/Ant)