Anies Melunak, Gerakan Shalat Tarawih Akbar Digeser ke Istiqlal

Ferry_hidayat - Megapolitan

Selasa, 22 Mei 2018 04:12 WIB

anies melunak, gerakan shalat tarawih akbar digeser ke istiqlal

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan shalat tarawih akbar yang rencananya digelar Sabtu (26/5) bergeser tempat dari Monas ke Mesjid Istiqlal. Keputusan itu diambil setelah rencana Sholat Taraweh akbar di Monas dikritik oleh sejumlah kalangan, dan isu politisasi dari rencana itu tidak dihindarkan.

"Jadi kita mendengar apa yang disampaikan para ulama, rencana shalat tarawih tetap jalan dan Insyaallah di Mesjid Istiqlal," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (21/5/2018).

Dia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola Mesjid Istiqlal, kemungkinan jamaah banyak dalam tarawih akbar ini. Anies mengungkapkan alasan pemindahan acara ke Mesjid Istiqlal karena harus taat dengan para ulama.

Dia juga mengatakan bahwa pemindahan ini juga mempertimbangkan masalah keamanan dan lain-lainnya.

"Memang lebih baik kalau kita selenggarakan di Mesjid karena tujuannya tarawih akbar," kata Anies.

Sebelumnya rencana Sholat Taraweh akbar yang semula akan berlangsung di Monas dikritik habis. Salahsatunya datang dari Ketua Komisi Dakwah MUI Cholil Nafis yang menyebut rencana itu sebagai lelucon, sebab lokasi Monas tak jauh dari Mesjid Istiqlal yang bahkan bisa menampung 200 ribu jamaah.

"Sebaik-baiknya salat itu di masjid karena memang tempat sujud. Nabi SAW bahkan selama ramadan itikaf di masjid bukan di lapangan," kata Cholil seperti dikutip dari Tirto.id.