Seriusi Artificial Intelligence, Tianjin Gelontorkan Dana US$15,7 Miliar

Yudi_suprobo - Digital Economy

Kamis, 17 Mei 2018 14:44 WIB

seriusi artificial intelligence, tianjin gelontorkan dana us$15,7 miliar

Pemerintah Kota Tianjin di China Utara telah mengumumkan rencana untuk menyiapkan dana senilai 100 miliar yuan (US$15,7 miliar) untuk mendukung industri kecerdasan buatan atau artificial intelligence, dan dana 10 miliar yuan untuk mempromosikan manufaktur kecerdasan buatan.

"Dana tersebut didirikan untuk mendorong dan memperluas industri teknologi cerdas di kota," tutur Sun Wenkui, wakil wali kota Tianjin, sebagaimana dikutip dari Xinhua, Kamis (17/5/2018).

Sun mengatakan dana 10 miliar yuan akan digunakan untuk mendukung industri seperti Internet industri, robotika, sirkuit terpadu, layanan informasi dan integrasi militer-sipil.

Dana sebesar 100 miliar yuan akan diinvestasikan dalam industri yang sedang berkembang seperti robot cerdas, perangkat keras dan perangkat lunak, termasuk 30 miliar yuan dalam sub-dana untuk perangkat cerdas dan peningkatan cerdas industri tradisional.

Sun mengatakan maksimal 30 juta yuan dukungan keuangan akan diberikan kepada setiap lembaga penelitian ilmiah di tingkat nasional atau provinsi yang menetap di Tianjin.

Pemerintah setempat akan memberi perhatian khusus pada perlindungan kekayaan intelektual dan penegakan hukum yang ketat di daerah itu, Sun menambahkan.