Pemerintah Berupaya Mengulang Kesuksesan HKBN 2017

Ratih_rahayu - Riil

Kamis, 17 Mei 2018 11:45 WIB

pemerintah berupaya mengulang kesuksesan hkbn 2017

Pemerintah mengerahkan berbagai upaya agar pencapaian HBKN (Hari Besar Keagamaan Nasional) 2017 dapat terulang tahun ini. Saat itu, Kemendag berhasil mengendalikan harga dan inflasi. Untuk pertama kalinya dalam sejarah tidak terjadi kenaikan harga saat memasuki Ramadan.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, menegaskan bahwa Kementerian Perdagangan berkomitmen menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok (bapok) menjelang Lebaran 2108. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu melalui sinergi dengan Kementerian Perhubungan dalam mendistribusikan bapok ke seluruh daerah di Indonesia.

“Kemendag dan Kemenhub bersinergi untuk mendistribusikan bapok melalui tol laut sehingga bapok dapat tersebar di seluruh wilayah Indonesia sebelum memasuki bulan puasa dan Lebaran secara bertahap sesuai kebutuhannya," urai Enggartiasto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Menurut Enggartiasto, Kemendag terus melakukan berbagai upaya untuk menjalankan amanat dan arahan yang diberikan Presiden Joko Widodo untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok bapok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) 2018.

Untuk mengawal kelancaran pasokan, Mendag juga menugaskan seluruh pejabat Eselon 1 dibantu 200 staf Kemendag dan didampingi Satgas Pangan untuk melakukan pemantauan langsung ke pasar rakyat di seluruh Indonesia dan penetrasi bapok ke pasar rakyat dan ritel modern.

Menjelang bulan puasa dan Lebaran tahun ini, Kemendag juga kembali menggelar pasar murah di 350 titik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Kemendag dengan pihak swasta.