Gubernur Sumut Sidak Pasar Modern dan Tradisional H-1 Puasa

Vicky - Daerah

Rabu, 16 Mei 2018 21:55 WIB

gubernur sumut sidak pasar modern dan tradisional h-1 puasa

Jelang memasuki bulan suci Ramadan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Erry Nuradi mengunjungi lokasi pasar tradisional dan modern di Kota Medan. Dari pantauan harga di pasar, untuk bahan pokok kenaikan harganya dinilai masih dalam batas kewajaran antara 5 hingga 10%.

Dalam inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Petisah dan satu pasar modern di Kota Medan, Gubsu Erry Nuradi mengatakan, bahwa dalam hal stok kebutuhan bahan pangan, tidak ditemukan masalah berdasarkan penjelasan pedagang di pasar tradisional. 

"Kami bersama sama ingin melihat dan mengecek harga-harga menjelang Ramadan. Kita tahu besok (Kamis, 17/5/2018) itu sudah masuk bulan puasa. Tentu sebagai umat Islam, yang diperlukan adalah stok bahan pokok, itu harus dipersiapkan,” ujar Gubsu yang hadir bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumut Arief Budi Santoso dan perwakilan Bulog, Rabu (16/5/2018).

Dikatakannya, masih hal biasa, karena dalam hukum ekonomi bila kebutuhan meningkat sementara suplaynya tetap, maka akan ada kenaikan harga. Yang penting tentunya stabilitas kenaikan harga ini dapat terjaga. Jangan sampai terjadi kenaikan yang sangat luar biasa. 

Senada dengan itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan bahwa pihaknya bersama  Pemprovsu yang tergabung dalam tim Satgas Pangan, akan berkoordinasi setiap hari untuk memantau harga dan ketersediaan bahan pokok. Bersama Gubsu, dirinya mengakui kondisi di lapangan sama dengan laporan yang disampaikan kepada mereka.

“Untuk distribusi juga diakui pedagang, lancar. Bagi kami itu sudah cukup menjaga stabilitas keadaan pangan kita di Sumut,” pungkasnya.