Solihin JK Teruskan Estafet Kepemimpinan Kalla Group

Vicky - Bisnis

Selasa, 17 April 2018 17:39 WIB

solihin jk teruskan estafet kepemimpinan kalla group

Solihin Jusuf Kalla secara resmi menjabat Presiden Direktur Kalla Group. Anak keempat dari lima bersaudara ini dipercaya menggantikan Fatimah Kalla yang menjabat Presiden Direktur Kalla Group sejak tahun 2004. Solihin sendiri mulai terjun langsung di bisnis Kalla Group sejak 18 tahun lalu. 

Penunjukkan Solihin setelah melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Sebelumnya, alumnus Jurusan Bisnis Internasional Universitas Duke di Amerika Serikat itu menjabat sebagai Direktur Pengembangan Kalla Group. "Ini adalah amanah keluarga, tugas saya adalah menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya," ujar Solihin JK, Selasa, (17/4/2018).

Sebagai Presiden Direktur Kalla Group yang baru, Solihin sudah memiliki berbagai perencanaan ekspansi bisnis ke depannya. Beberapa yang paling besar di antaranya adalah di sektor energi terbarukan yaitu meneruskan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso I dan Poso III, sehingga diharapkan pada tahun 2022 nanti sudah memasok listrik sebesar 615 MW di Sulawesi, khususnya di Sulsel.

Melihat potensinya yang sangat besar, bidang logistik juga akan mulai diseriusi oleh Kalla Group dengan mulai membangun warehouse dan menguatkan armada transporternya. Saat ini Kalla Group dengan anak perusahaanya PT Bumi Jasa Utama telah memiliki 3500an unit transporter dan sudah melayani beberapa grup perusahaan besar di Indonesia, seperti PT Pertamina, Bank Mandiri, PLN, Antam, Ciputra, Trakindo, Telkom Indonesia, Gojek, Indofood CBP dan lain-lain.

Saat ini Kalla Group memiliki 16 anak perusahaan, yang bergerak di berbagai lini bisnis mulai dari otomotif, transportasi, logistik, properti, hospitality, konstruksi, agroindustri, energi, hingga manufaktur.

Menurut Solihin JK, otomotif dan kontruksi tetap menjadi anak perusahaan terbesar Kalla Group selama beberapa tahun ke depan. "Tetapi bukan tidak mungkin bahwa anak perusahaan dari industri lainnya akan mengejar dengan cepat, terutama dengan besarnya perubahan yang disebabkan oleh teknologi saat ini,” ujar putra Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla itu. 

Untuk menguatkan manajemen perusahaan, Kalla Group telah menerapkan sistem manajemen terintegrasi yaitu ERP dengan menggunakan provider oracle. Melalui sistem ini, diharapkan semua transaksi yang terjadi di dalam perusahaan akan menjadi transparan dan profesional.

"Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk memperoleh data dan informasi yang akurat untuk digunakan dalam setiap pengambilan keputusan bisnis, juga mengeliminasi proses-proses yang dirasa tidak perlu, sehingga berdampak pada efisiensi biaya dan waktu," tutur Solihin JK

Sebagai bagian dari CSR, Kalla Group ke depannya akan menfokuskan kepada pengembangan kreatifitas dan potensi generasi muda serta pengembangan kewirausahaan yang dapat menggerakkan perekonomian lokal. Dua program besar di antaranya untuk mendukung ini adalah diluncurkannya IP HUB sebagai wadah mentoring dan pengembangan ide-ide dari anak muda di Indonesia Timur, dan juga Kalla Youth Fest, yang pada tahun ini akan memasuki tahun kedua dalam pelaksanaannya.