Melawat ke AS, PM Jepang Cari Konsensus Soal Korea Utara Bersama Trump

Yudi_suprobo - Internasional

Selasa, 17 April 2018 13:59 WIB

melawat ke as, pm jepang cari konsensus soal korea utara bersama trump

Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan mencari landasan bersama tentang bagaimana menangani tantangan nuklir Korea Utara pada Selasa (17/4/2018) di tengah kekhawatiran di Tokyo bahwa Trump mungkin cenderung membuat terlalu banyak konsesi.

Abe akan tiba di Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida, selama dua hari pembicaraan yang didominasi oleh isu Korea Utara, tetapi juga diperkirakan akan mencakup isu perdagangan, hubungan dengan China dan masalah lainnya.

Kedua pemimpin dapat menggunakan pertemuan puncak tersebut untuk memberikan dorongan politik bagi kedua pemimpin. Trump telah dibanjiri oleh kontroversi terkait dengan penyelidikan atas campur tangan Rusia ke dalam pemilihan 2016, dan Abe berjuang dengan popularitasnya yang menurun karena skandal atas dugaan kronisme.

Trump telah menjalin hubungan dekat dengan Abe selama 15 bulan ketika dia berkuasa dan keduanya telah terikat upaya kunjungan dari kedua belah pihak, baik selama kunjungan terakhir Abe ke Florida lebih dari setahun yang lalu dan kunjungan Trump ke Tokyo November lalu.

Tokyo khawatir pemimpin AS akan mencoba menghubungkan masalah keamanan penting dengan topik perdagangan yang notabene sensitif.

"Saya ingin menegaskan kembali kerja sama kami di Korea Utara, kerja sama kami dalam masalah ekonomi, dan menunjukkan hubungan yang kuat antara kedua negara," pungkas Abe kepada wartawan di Tokyo sebelum keberangkatannya.