Pelindo III Batal Akuisisi PT Gresik Jasatama

Vicky - Transportasi

Senin, 16 April 2018 19:16 WIB

pelindo iii batal akuisisi pt gresik jasatama

PT Pelindo III (persero) berencana akan membatalkan proses akuisisi PT Gresik Jasatama (GJT) yang beroperasi di Pelabuhan Gresik Jatim.

Corporate Secretary, Faruq Hidayat mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pengajian dan melakukan due diligent secara detail terkait akuisisi GJT tersebut

“Kami memutuskan untuk tidak melanjutkan (pembatalan) rencana tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada pengakhiran kerja sama Pelindo III dan GJT di wilayah Pelabuhan Gresik sampai dengan batas waktu perjanjian yang ada karena tidak sesuai dengan ketentuan yang diamanatkan pemegang saham kepada kami (Pelindo III),” tegas Faruq di Surabaya, Senin (16/4/2018).

Dikatakan Faruq, akhir Januari lalu Pelindo III sempat menyepakati nota kesepahaman dengan beberapa perusahaan logistik swasta, salah satunya GJT. Pelindo III semula berencana akan mengakuisisi saham mayoritas GJT.

“Pelindo III sebagai perusahaan pelat merah, tetap berpedoman pada asas kehati-hatian terhadap potensi risiko yang dapat timbul termasuk risiko akibat akuisisi ini berdasarkan Good Corporate Governance. Pelindo III melihat beberapa risiko akuisisi termasuk tingkat leverage bisnis untuk target aset, secara komersial tidak menarik,” sambungnya

Lebih lanjut ia menjelaskan, GJT mengusahakan terminal curah berupa 6 dermaga berfasilitas 10 crane di area pelabuhan yang merupakan lahan milik negara, yang dikelola oleh Pelindo III. Kapasitas terminal curah tersebut mencapai 10 juta ton dengan komoditas di antaranya berupa kayu log, pupuk, batu bara, minyak sawit, semen, dan tekstil.

“Pelindo III hanya akan melaksanakan kerja sama sampai dengan kontrak selesai dengan GJT dan tidak memperpanjang masa sewa lahan ditempati. Saat ini, sedang dikaji peruntukkan serta opsi kerja sama dengan pihak lain,” kata Faruq.