Dedi Mulyadi Janji Perhatikan Seniman Jabar

Ferry_hidayat - Politik

Senin, 09 April 2018 23:48 WIB

dedi mulyadi janji perhatikan seniman jabar

Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi memastikan para seniman di provinsi ini akan mendapatkan tempat khusus berupa ruang untuk berkesenian dan membangun kehidupan ideologis.

"Berkesenian itu berideologi dan menumbuhkan rasa cinta Tanah Air untuk masyarakat. Karya para seniman berorientasi kepada hal itu sehingga karyanya memiliki identitas yang kuat," katanya di sela menerima kunjungan seniman Jawa Barat, Nining Meida, di rumahnya, Senin.

Ia menyatakan, berkesenian bukan melulu berbicara tentang mencari panggung. Orientasi yang lebih penting terletak pada upaya para seniman merawat bangunan ideologi bangsa.

Dedi menyontohkan, masyarakat Nusantara terutama Jawa dan Bali kental dalam upaya merawat identitas daerah. Seni menjadi katalisator mereka untuk mewujudkan rasa cinta terhadap Tanah Air.

"Makanya, tidak boleh malu menjadi orang Sunda. Sebagai seniman kita harus berkarya melalui penguatan identitas daerah. Kita lihat para seniman di Yogyakarta, mereka berkarya tanpa khawatir kehilangan panggung," katanya.

Ruang berkarya itulah yang akan diciptakan Dedi jika terpilih sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat. Ekspresi dinilai sebagai fitrah kehidupan manusia yang tidak bisa diingkari.

"Karena itu, kita tidak boleh meninggalkan identitas daerah. Apalagi, Jawa Barat merupakan wilayah kaya budaya mulai dari Cirebon, Sunda Galuh, Sunda Betawi dan kebudayaan lain," katanya.