Suplai Apartemen Melonjak Drastis di Semester Akhir 2017

Ratih_rahayu - Properti

Selasa, 20 Maret 2018 17:10 WIB

suplai apartemen melonjak drastis di semester akhir 2017

Untuk mengetahui kondisi pasar apartemen, Rumah.com melakukan survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018. Melalui survei tersebut Rumah.com mencatat peningkatan suplai apartemen secara nasional sebesar 4% pada Q4 2017 dibandingkan Q3 2017. Secara tahunan, peningkatannya mencapai 28%.

Country Manager Rumah.com, Marine Novita, menjelaskan bahwa pengembang masih menahan diri pada awal 2017, tetapi melihat serapan yang tinggi pada semester pertama 2017, mereka meningkatkan suplai secara drastis di semester kedua.

"Seiring waktu, konsumen mulai membuka diri terhadap apartemen, lalu mengetahui kelebihan dan kekurangannya," tutur Marine dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Menurut Marine, ketertarikan konsumen terhadap apartemen terutama pada korelasi harga dengan kepraktisan. Konsumen masih bisa mendapatkan hunian dengan harga Rp300 jutaan di lokasi yang strategis di kota-kota satelit serta dekat dengan beragam fasilitas umum.

Data Rumah.com Property Index ini memiliki akurasi yang cukup tinggi untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti di Indonesia. Data ini merupakan hasil analisis dari 400.000 listing properti yang dijual dan disewa dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.

Mencari hunian memang bukan keputusan yang mudah diambil. Rumah.com menyediakan beragam fitur yang dapat membantu konsumen mengambil keputusan dengan lebih percaya diri. Salah satu fiturnya, Project Review, memberikan ulasan mendalam mengenai ratusan properti di berbagai tempat. 

"Melalui Project Review, konsumen bisa mengetahui fasilitas yang ada di sekitar hunian, jarak menuju fasilitas-fasilitas umum, pintu tol, hingga stasiun KRL terdekat," pungkas Marine.