Naturalisasi Atlet Sepakbola Tak Boleh Lebih dari Umur 20 Tahun

Ferry_hidayat - Olahraga

Rabu, 14 Maret 2018 21:00 WIB

naturalisasi atlet sepakbola tak boleh lebih dari umur 20 tahun

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi akan memperketat aturan naturalisasi atlet sepakbola maksimal mereka harus berusia 20 tahun.

"Kami tidak anti dengan naturalisasi. Tapi, melihat pandangan-pandangan yang berkembang di rapat DPR, mengingatkan agar usulan naturalisasi betul-betul selektif untuk olahraga," kata Menpora Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Naturalisasi pemain sepak bola di Indonesia saat ini memang lagi gencar menjelang kompetisi Liga 1. Namun, pemain naturalisasi banyak yang sudah berusia di atas 20 tahun. Pemain senior yang proses naturalisasinya baru saja selesai adalah Alberto Goncalves.

Jika dilihat dari prosesnya, Alberto yang saat ini memperkuat tim Sriwijaya FC ini menjalani tahapan naturalisasi sesuai dengan aturan yang ada seperti misalnya sudah tinggal lima tahun di Indonesia.

Kondisi berbeda pada Ezra Walian yang dinaturalisasi dengan cepat. Tidak hanya pemain sepak bola, proses naturalisasi juga terjadi di cabang olahraga basket. Bahkan prosesnya dinilai cukup cepat karena bisa disetujui oleh DPR mengingat pemainnya masih produktif.