IFC Siap Inject US$1 Miliar untuk Energi Terbarukan

Fauziah_hidayah - Bursa

Rabu, 14 Maret 2018 15:49 WIB

ifc siap inject us$1 miliar untuk energi terbarukan

International Finance Corporation (IFC) pada tahun ini siap mengalokasikan dana sebesar US$1 miliar pada sektor energi terbarukan di Tanah Air. Dana tersebut rencananya bakal disalurkan pada beberapa proyek pengembangan infrastruktur yang saat ini tengah digenjot oleh pemerintah.

Country Manager IFC untuk Indonesia, Malaysia, dan Timor Leste, Azam Khan mengatakan nilai investasi yang dikeluarkan oleh IFC untuk sektor itu tidak selalu sama. Meski begitu, dana tersebut bakal banyak dinikmati oleh pihak swasta. Pasalnya, pembiayaan ke pemerintah berasal dari Bank Dunia.

"Yang mengerjakan biasanya pihak swasta. Namun, kerap kali dalam menjalankan proyek terkendala oleh kebijakan yang ada. Sekarang sudah ada reformasi kebijakan dan sudah tidak terjadi hambatan lagi," katanya di Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Director East Asia Pacific IFC Vivek Fathak menambahkan, IFC tidak memiliki target khusus untuk pengembangan investasi di Indonesia. IFC hanya menyalurkan pembiayaan secara global.

Dengan menggandeng pemerintah dan swasta di Indonesia, Vivek optimistis setiap dana investasi yang digelontorkan akan berjalan cepat dan baik.

"Kita akan kerja sama dengan pemerintah untuk proyek sebelumnya. Kita adaptasikan dan kembangkan juga dengan swasta. Sehingga, kita bisa mengurangi risiko baik itu pendanaan maupun struktur dari investasi itu," tutupnya.