Fokus ke Marketplace, Bitcoin Indonesia Tampilkan Wajah Baru

Fauziah_hidayah - Digital Economy

Rabu, 14 Maret 2018 13:19 WIB

fokus ke marketplace, bitcoin indonesia tampilkan wajah baru

Platform digital asset exchange Bitcoin Indonesia atau Bitcoin.co.id memperkenalkan wajah barunya sebagai Indonesia Digital Asset Exchange (Indodax). Sesuai visinya, Indodax akan berfokus dengan konsep marketplace dimana penggunanya bisa memiliki dan menjual digital asset

"Kami bukan sebagai alat pembayaran, hanya bisa memiliki dan menjual. Dan dikatakan ilegal, Bitcoin sebagai pembayaran semua mata uang, itu yang tidak dibolehkan di sini," terang CEO Indodax Oscar Darmawan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Rabu (14/3/2018).

Oscar menjamin transaksi Bitcoin melalui marketplace cukup aman karena Indodax sebagai pihak ketiga yang menentukan harga yang sesuai. "Tidak seperti kesepakatan one on one, tapi kesepakatannya money to money kayak saham," terang Oscar.

Lebih jauh Orcar menjelaskan ada beberapa faktor yang menentukan harga Bitcoin. Ia menyebut mulai dari faktor sosial, budaya, dan teknologi.

"Karena faktor teknologi itu benar-benar bisa diaplikasikan atau tidak itu salah satu faktor yang paling utama. Kemudian, faktor suplainya bagaimana, kemudian faktor budaya seperti negara tersebut perkembangan teknologi mendukung atau enggak," imbuhnya.

Ditanya soal pergantian nama tersebut, Orcar menegaskan tidak terkait dengan kebijakan Bank Indonesia (BI) yang meniadakan cryptocurrency sebagai pembayaran yang sah.

"Alasan mengganti nama ini, masyarakat mengira bahwa kami adalah sistem pembayaran, jadi perusahaan kami tidak menjadi transaksi pembayaran makanya salah satu alasan kami mengganti nama," terangnya.

Oscar menuturkan dengan wajah baru ini, Indodax berharap mampu menjawab tingginya minat dan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap layanan pengelolaan digital asset yang terlengkap.

"Sebagai platform untuk membeli dan menjual digital asset seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan lainnya, Indodax senantiasa mengedepankan keamanan, kemudahan, kecepatan, dan layanan yang memuaskan dalam proses transaksi," ucapnya.

Dengan beragam layanan yang dihadirkan, Indodax berperan aktif sebagai salah satu wadah terpercaya bagi masyarakat untuk proses transaksi berbagai digital asset yang menggunakan mata uang Rupiah secara langsung. Perubahan ini juga memungkinkan pengguna untuk membeli maupun menjual digital asset setiap saat, 24 jam dalam sehari, tujuh hari seminggu, bahkan pada hari libur.

"Kami percaya bahwa teknologi digital asset dapat memberikan dampak positif yang besar terhadap ekonomi," tukasnya.