Akui Banyak Kompetitor, Anak Presiden Tetap Optimis Bisnis Kuliner

Fauziah_hidayah - Entrepreneur

Senin, 12 Maret 2018 09:51 WIB

akui banyak kompetitor, anak presiden tetap optimis bisnis kuliner

Dua putra Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming (30 tahun) dan Kaesang Pangarep (24 tahun), patut mendapat jempol untuk urusan 'foodpreneur'. Meski mempunyai modal besar dengan embel-embel anak Presiden di belakang namanya, ternyata tidak membuat keduanya menjadi aji mumpung. Justru keduanya mampu mengambil kesempatan mendulang uang melalui bisnis makanan dengan mandiri. Banyaknya kompetitor ternyata tidak membuat keduanya ragu berbisnis kuliner. 

Menjadi putra dari orang nomor satu di Indonesia tak lantas membuat kedua putra Presiden Jokowi itu mendompleng nama besar sang ayah. Mereka justru membangun kerajaan bisnis sendiri seperti menciptakan produk kuliner Markobar (2015), Sang Pisang (2017), jas hujan "Tugas Negara Boss" (2017), kaos Sang Javas (2017), game Hompipah (2018), dan lain-lain. 

Gibran Raka Buming, putra sulung Presiden yang sedang fokus merintis usaha kue berbentuk lingkaran bernama Markobar (martabak kota baru) sejak tahun 2015 di tanah kelahirannya kini telah memiliki 33 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden, kali ini sedang fokus untuk merintis bisnis baru yang diberi nama Sang Pisang dan akan membuka cabang ke-10 di Cikini yang akan dibuka setiap minggu di kota berbeda. Sang Pisang adalah olahan pisang yang dibuat mirip nugget dengan 20 varian rasa dan topping. Dalam menjalankan bisnis ini Kaesang tidak sendiri, melainkan bekerja sama dengan seorang partner, Arie yang merupakan Managing Director di Sang Pisang.

Kaesang pun optimis bahwa produknya memiliki keunggulan daripada produk brand lain. "Kalau produk lain memiliki rasa yang enak maka produk Sang Pisang rasanya luar biasa enak," kata Kaesang saat peresmian Sang Pisang yang menjadi satu dengan outlet Markobar di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (11/3/2018).