Eskpor RI ke Taiwan Ditargetkan Naik 7,8%

Fauziah_hidayah - Makro

Rabu, 14 Februari 2018 17:26 WIB

eskpor ri ke taiwan ditargetkan naik 7,8%

Pemerintah menargetkan ekspor Indonesia ke Taiwan naik 7,8% pada 2018. Beberapa produk yang menjadi target ekspor antara lain produk makanan dan minuman, furnitur, kerajinan, pertanian, bahan tambang, alas kaki, garmen, dan perikanan.

Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei Robert J. Bintaryo mengatakan sepanjang 2017  Indonesia membukukan surplus perdagangan senilai USD1,47 miliar dengan Taiwan. Angka ini naik 3,06% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Ekspor Indonesia ke Taiwan juga terus mengalami peningkatan. Pada periode Januari-November 2017 total ekspor menjadi USD4,4 miliar atau naik 12,06% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya," kata Robert di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Robert menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan beberapa strategi untuk mendongkrak ekspor Indonesia ke Taiwan di antaranya secara berkelanjutan melakukan promosi produk Indonesia dengan berpartisipasi dalam pameran berskala internasional di Taiwan.

"Selain itu, strategi lainnya antara lain misi dagang, misi pembelian yang juga terintegrasi dengan promosi investasi, pariwisata, dan kerja sama industri. Kami juga memfasilitasi pengusaha Indonesia dan Taiwan dalam kegiatan business matching sebagai tindak lanjut baik dari inquiry eksportir maupun importir Taiwan," pungkas Robert.