KPU Kupang Masih Verifikasi Calon

Ajank - Politik

Minggu, 14 Januari 2018 18:57 WIB

kpu kupang masih verifikasi calon

Komisi Pemilihan Umum masih melakukan verifikasi administrasi bakal calon bupati dan wakil bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur sebagai tahapan Pilkada 2018.

"Kita masih melakukan verifikasi terhadap administrasi yang dimasukkan bakal calon ke KPU. Proses verifikasi dilakukan KPU Kabupaten Kupang hingga tanggal 20 Januari 2018," kata Juru bicara KPU Kabupaten Kupang, Imanuel Ballo kepada wartawan di Oelamasi, Minggu (14/1/2018) terkait proses penetapan calon bupati dan bupati dalam pilkada 2018.

Ia mengatakan, berdasarkan penelitian dokumen dilakukan KPU ada beberapa dokumen yang diserahkan para bakal calon yang dibutuhkan perbaiki kembali.

Beberapa dokumen yang telah diserahkan ke KPU pada saat pendaftaran tanggal 8-10 Januari 2018 yang perlu diperbaiki kembali seperti legalisir ijazah, laporan pajak milik para bakal calon.

"Saat ini para bakal calon sedang melengkapi dokumen yang perlu diperbaiki itu. Dokumen yang telah diperbaiki itu harus dimasukkan kembali ke KPU Kabupaten Kupang sebelum tanggal 20 Januari," tegasnya.

Ia menjelaskan, proses perbaikan dokumen itu dilakukan sebelum KPU melakukan pleno penetapan calon yang maju dalam pilkada Kabupaten Kupang tahun 2018.

"Penetapan calon akan digelar dalam rapat pleno yang akan berlangsung tanggal 12 Februari 2018," tegasnya.

Untuk diketahui ada empat pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kupang yang telah mendaftar ke KPU Kabupaten Kupang yaitu Pasangan Hendrik Paut-Aljeri Monas yang diusung Partai Demokrat, PKPI dan Perindo.

Selain itu pasangan Korinus Masneno-Jeri Manafe maju dalam pilkada Kabupaten Kupang diusung Partai Nasdem dan Golkar.

Sedangkan pasangan Nelson O Matara-Bernard Bait (paket Tirosa) diusung Partai PDIP dan PKB.

Pasangan Silvester Banfatin-Johanis Oettemossoe (Terkini) juga maju dalam pilkada setelah mengantongi SK dukungan Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN), serta calon yang maju dari jalur perseorangan yaitu Melianus Akulas-Joao Antonio de Jesus juga ikut mendaftar ke KPU Kabupaten Kupang. (Ant)