Pemkot Medan Prioritaskan Penanggulangan Kemiskinan

Ajank - Daerah

Minggu, 14 Januari 2018 18:34 WIB

pemkot medan prioritaskan penanggulangan kemiskinan

Pemerintah Kota Medan berupaya meningkatkan program pembangunan kota dengan fokus pada penanggulangan kemiskinan di daerah ini melalui berbagai program kesejahteraan sosial masyarakat.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin di Medan, Minggu (14/1/2018), mengatakan, dirinya mengintruksikan perangkat di daerahnya agar berkomitmen memprogramkan Rencana Kerja Pemerintah Kota Medan 2018 yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat miskin.

Pemkot Medan telah memiliki program pembangunan masyarakat yang berorientasi pada manfaat program kepada masyarakat miskin melalui Program Penanggulangan Kemiskinan yang kegiatannya ditampung dan tersebar di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Medan.

Di antaranya program kesehatan, program pendidikan, kependudukan, pemberdayaan masyarakat, budi daya peternakan perikanan pertanian, program ekonomi kerakyatan hingga program Bedah Rumah Aladin yang manfaatnya bisa dirasakan luas bagi masyarakat miskin di Kota Medan.

Kepala Bappeda Kota Medan Wiriya Alrahman mengatakan, saat ini di Kota Medan terdapat berbagai program nasional maupun program pemerintah daerah yang orientasinya sama-sama untuk penanggulangan kemiskinan.

Seperti Rastra, Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar, BPJS, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan program dari Pemerintah Pusat.

Demikian juga Program Penanggulangan Kemiskinan Pemkot Medan, seperti program JKN APBD Kota Medan, penyuluhan, pemberdayaan masyarakat, program ekonomi kerakyatan, program kesehatan, Bedah Rumah aladin hingga program pemberian bantuan Seragam Sekolah kepada siswa miskin.

"Tidak semua program penanggulangan kemiskinan tersebut berada dalam tanggung jawab pemerintah kota. Pemkot Medan punya batasan tertentu seperti halnya pendataan peneriman bantuan pemerintah pusat. Pemkot Medan hanya mengawasi dan mendampingi pelaksanaan program nasional tersebut dilapangan," katanya. (Ant)