Ketika Legislator Incar Kursi Kepala Daerah (1)

Ajank - Politik

Minggu, 14 Januari 2018 17:08 WIB

ketika legislator incar kursi kepala daerah (1)

Memasuki tahun politik 2018 tampaknya lebih semarak, karena berbagai kalangan masyarakat banyak yang memutuskan untuk terjun pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018.

Mulai dari kalangan birokrat, pengusaha, akademisi, artis dan lainnya termasuk para legislator pun ikut ambil bagian untuk mengikuti pesta demokrasi lima tahunan itu meskipun harus mengundurkan diri sebagai wakil rakyat di DPRD.

Seperti halnya di DPRD Sumatera Selatan, sedikitnya ada enam orang anggota dewan yang memutuskan untuk mencalonkan diri pada pilkada provinsi Sumsel maupun pilkada di sembilan kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

Mereka yang ikut pesta demokrasi itu tersebut mulai dari ketua DPRD Sumsel, wakil ketua DPRD, pimpinan komisi sampai ke anggota dewan.

Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda maju sebagai bakal calon wakil gubernur Sumatera Selatan, selanjutnya Wakil Ketua DPRD Sumsel, Nopran Marjani maju sebagai bakal calon bupati Lahat, kemudian Ketua Komisi II DPRD Sumsel Joncik Muhammad maju sebagai bakal calon bupati Empat Lawang.

Selanjutnya sekretaris Komisi II DPRD Sumsel Arkoni maju di pilkada Banyuasin, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Yulius Maulana maju di pilkada Empat Lawang dan anggota DPRD Sumsel A Yani maju sebagai calon bupati Muaraenim pada pilkada serentak 2018.

"Saya maju pada pilkada Muaraenim, karena ingin berbuat lebih banyak lagi dia, sekarang ini dirinya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Kabupaten Muaraenim.

Ia mengaku, mendapat dukungan dari tiga partai politik untuk maju pilkada Muaraenim yaitu Demokrat (lima kursi), PKB (tiga kursi) dan Hanura (tiga kursi).

Syarat untuk maju pilkada Muaraenim, bagi parpol atau gabungan partai diperlukan sembilan kursi di DPRD Muaraenim.

Dengan dukungan tiga partai itu sudah cukup untuk maju pada pilkada Muaraenim.

"Dukungan partai ini bagi kami sangat penting, karena disamping kepengurusannya juga konstituennya," ujar Yani yang sudah tiga periode menjadi anggota DPRD Sumatera Selatan tersebut.

"Prioritasnya Muaraenim untuk rakyat, jadi seluruh potensi yang ada di Muaraenim untuk kepentingan rakyat Muaraenim," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Sumsel Joncik Muhammad mengatakan, dirinya maju pada pilkada Empat Lawang berpasangan dengan Yulius Maulana.

Ia menjelaskan, langkah ke depan yang dilakukan terus sosialisasi di kabupaten tersebut dan setiap minggu ke daerah tersebut.

"Kita berbagi wilayah untuk sosialisasi bertemu dengan masyarakat Kabupaten Empatlawang untuk menyampaikan program ke depan kalau nanti menjadi bupati dan wakil bupati," tutur Joncik. (Ant)