Pemkab Belitung Timur Imunisasi 2.200 Balita

Ratih_rahayu - Daerah

Sabtu, 13 Januari 2018 17:11 WIB

pemkab belitung timur imunisasi 2.200 balita

Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimunisasi 2.200 balita di daerah itu untuk mengantisipasi penyakit difteri yang rentan menyerang bayi. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Liatim mengatakan imunisasi dilakukan sebagai tindak lanjut dari penemuan kasus difteri klinis beberapa waktu lalu.

"Kami melakukan imunisasi ulang tanpa memandang status imunisasi pada anak usia satu sampai di bawah lima tahun," kata Liatim dalam siaran pers di Manggar, Sabtu (13/1/2018).

Dia memberikan imunisasi pada anak yang belum melakukan imunisasi DPT, baik 1, 2, 3, dan booster DPT HB HIB untuk mengantisipasi penyakit difteri yang rentan menyerang anak.

"Anggaran untuk melaksanakan imunisasi semuanya berasal dari APBN Kementerian Kesehatan RI, termasuk seluruh vaksin dan bahan pendukungnya, Dinkes Belitung Timur hanya menyediakan tenaga," katanya.

Ia mengatakan sebanyak 50 orang tenaga medis dilibatkan dan dibagi ke tujuh desa di Kecamatan Gantung. Semuanya berasal dari Dinas Kesehatan dan gabungan puskesmas yang ada di daerah itu.

"Selain imunisasi serentak, kami juga secara rutin melakukan sosialisasi terkait antisipasi penyakit difteri dengan harapan bisa meningkatkan kewaspadaan orang tua terhadap penyakit tersebut dengan menjaga kesehatan anak mereka," katanya.

Dia menargetkan semua balita di daerah itu sudah melakukan imunisasi ulang guna mengantisipasi penyakit difteri.

"Untuk tahap awal kami melakukan kegiatan imunisasi di Kecamatan Gantung, nanti akan dilanjutkan ke kecamatan lainnya," katanya.