Bakal Calon Gubernur Bali Ikuti Tes Psikologi

Ratih_rahayu - Politik

Sabtu, 13 Januari 2018 16:51 WIB

bakal calon gubernur bali ikuti tes psikologi

Dua pasangan Bakal Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Bali yang maju pada Pilkada 2018 mengikuti tes psikologi di kantor Komisi Pemilihan Umum provinsi setempat di Denpasar, Sabtu pagi (13/1/2018).

"Tes ini merupakan satu rangkaian dengan kegiatan tes jasmani dan narkoba yang telah dilaksanakan beberapa hari sebelumnya," kata anggota KPU Provinsi Bali Ni Wayan Widhiastini, usai memberikan kata pengantar sebelum dimulainya tes psikologi tersebut.

Ia menjelaskan untuk hasil dari tes psikologi tersebut, KPU Bali akan menerima menjadi satu kesimpulan digabungkan dengan hasil tes kesehatan dan bebas narkoba yang telah dilaksanakan di RSUP Sanglah.

Tes psikologi tersebut tidak hanya diikuti oleh dua pasangan Cagub-Cawagub Bali I Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (KBS-Ace) dan Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta), tetapi juga oleh dua pasangan kandidat Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati Gianyar dan dua pasang Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati Klungkung.

Widhiastini menambahkan, berdasarkan informasi yang diterima dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Bali yang menguji rohani para calon kepala daerah tersebut, pelaksanaan tes diestimasikan membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 8 jam.

"Tempat tes di KPU Bali, karena Himpsi Bali yang meminta seperti itu, yang disesuaikan dengan ketersediaan ruangan. Karena ini cukup banyak memerlukan ruangan," ujarnya.

Untuk tes psikologi tertulis, pasangan bakal Cagub Bali dan Cawagub Bali melaksanakannya di ruang bawah Gedung Barat KPU Bali.

Sementara itu, pasangan bakal Cabup Bupati-Wabup Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra-AA Gede Mayun (Aman); Tjokorda Raka Kerthyasa-Pande Istri Maharani Primadewi (Kerta Maha); pasangan Bakal Cabup Bupati-Wabup Bupati Klungkung Tjokorda Bagus Oka-Ketut Mandia (Bagia); I Nyoman Suwirta-I Made Kasta (Suwirta-Kasta) mengikuti tes tertulis di ruang atas Gedung Barat KPU Bali.

Dalam rangkaian tes psikologi, pasangan bakal calon kepala daerah yang akan maju di Pilkada Bali, Pilkada Gianyar, dan Pilkada Klungkung tersebut juga harus menjalani tes wawancara, yang dibagi-bagi ke dalam sejumlah ruangan kecil.

"Semoga pelaksanaan tes ini berjalan lancar, pihak keamanan juga telah mengantisipasi dengan baik," ujar Widhiastini.

Dua pasangan Bakal Cagub-Cawagub Bali, dua pasangan Cabup-Cawabup Gianyar, serta dua pasangan Cabup-Cawabup Klungkung tersebut, sebelum mengikuti tes psikologi tersebut, tampak dikumpulkan di ruang transit KPU Bali dan diberikan sejumlah pengarahan oleh jajaran KPU Bali dan tim Himpsi Bali.