2018, Jabar akan Miliki Embarkasi Haji

Ratih_rahayu - Daerah

Sabtu, 13 Januari 2018 10:33 WIB

2018, jabar akan miliki embarkasi haji

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka akan dijadikan embarkasi (pemberangkatan) jemaah haji 2018.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo berharap bahwa BIJB bisa beroperasi pada 2018 karena bisa digunakan sebagai embarkasi, minimal untuk jemaah haji Jawa Barat. Gayung pun bersambut. Ternyata, Kementerian Agama juga mempunyai harapan yang sama bahwa Bandar Udara tersebut bisa dijadikan embarkasi haji.

"Berarti, kalau begitu, Jawa Barat akan memiliki embarkasi haji. Bandara jadi, plus tanda jadinya dipakai oleh Kemenag sebagai embarkasi haji di Indonesia ke-3,"kata Ahmad Heryawan kepada wartawan di gedung Pakuan, Sabtu (13/1/2018).

Aher, sapaan Gubernur Jawa Barat, mengungkapkan kota Bandung juga bisa dijadikan asrama haji. Pasalnya, Bandung memiliki cuaca yang sejuk dan untuk menuju ke bandara Kertajati tidak begitu terkendala, tinggal melalui Tol Purwakarta.

Selama ini, para calon haji asal Jabar selalu bergabung bersama calon haji asal Jakarta, dengan kode embarkasi JKS. Jika Bandara Kertajati ini dijadikan sebagai tempat pemberangkatan dan pemulangan haji, Provinsi Jawa Barat akan punya embarkasi sendiri, terpisah dari Jakarta.

"Tentu, nanti ketetapan embarkasi haji ini merupakan kewenangan kementerian Agama,"pungkasnya.