Hanya di Makassar, Kompetisi Futsal Digelar di atas Laut

Ratih_rahayu - Daerah

Sabtu, 13 Januari 2018 09:04 WIB

hanya di makassar, kompetisi futsal digelar di atas laut

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto, menggagas kompetisi futsal di atas laut, tepatnya di Stadium Futsal Terapung Anjungan Losari. Kompetisi bertajuk "Makassar Futsal League Danny Pomanto Championship" itu diikuti sekitar 100 tim. Kejuaraan berlangsung selama enam bulan, rentang 2 Desember 201725 Juni 2018.

Kompetisi futsal yang memperebutkan Piala Makassar itu baru kali pertama dilaksanakan. Pelaksanaan kegiatan menggunakan venue di atas laut merupakan ide langsung dari Danny. "Kita mau perkenalkan kepada masyarakat, bahwa olahraga futsal bisa juga dimainkan di atas laut dan akan menjadi tontonan menarik kelak," kata Danny, di Makassar (13/1/2018).

Menurut Danny, pihaknya siap mensukseskan perhelatan akbar tersebut demi menampung bakat dan minat anak-anak dan pemuda Makassar. Saban sore, ia mengaku selalu melihat banyak masyarakat, khususnya dari kaum muda yang memainkan si kulit bundar di Anjungan Pantai Losari. Dari situ, muncullah ide untuk menggelar kompetisi futsal yang digelar setiap akhir pekan. 

Danny menegaskan anggaran pelaksanaan kompetisi futsal di atas laut menggunakan uang pribadinya. Tidak sepeserpun menguras uang negara. "Itu bukti kecintaan saya pada olahraga ini. Apalagi, saya juga senang dengan laut karena atraksi Kota Makassar sebagai percontohan Water Front. Kedepannya, saya akan benahi lagi Stadium Futsal Terapung Anjungan Losari. Tahun depan, kita sudah anggarkan satu lapangan terapung lagi," ujar dia.

Ketua Simpul Muda yang juga Panitia Makassar Futsal League, Achmad Susanto, mengatakan saat ini sudah ada sekitar 100 tim yang siap meramaikan kompetisi bergengsi tersebut. Diakui dia, antusiasme masyarakat cukup besar untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Terlebih, konsepnya cukup unik dan menarik.

Hadiah dari kompetisi futsal tersebut mencapai Rp 50 juta, termasuk uang pembinaan dan sertifikat. Turnamen itu menerapkan sistem kompetisi play-off dengan membagi dua wilayah. Hanya tim terbaik yang berhak melaju ke putaran final.