Bank Danamon Dukung Segmen UKM Kembangkan Usahanya

Fauziah_hidayah - Perbankan

Kamis, 07 Desember 2017 16:49 WIB

bank danamon dukung segmen ukm kembangkan usahanya

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) kembali mengukuhkan komitmennya untuk mendukung segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia melalui produk dan layanan keuangan komprehensif untuk membantu pelaku UKM dalam mengembangkan usahanya. Danamon juga mendukung kemajuan segmen UKM lndonesia melalui kegiatan-kegiatan lainnya seperti Danamon Entrepreneur Awards (DEA) 2017, yang memberikan apresiasi kepada wirausahawan UKM di tanah air. Hal ini disampaikan pada acara Media Workshop Danamon dengan tema "SME: A Way Forward" di Jakarta yang juga dihadiri oleh peraih DEA 2017. 

"Segmen UKM telah terbukti menunjukkan ketangguhan dalam berbagai kondisi ekonomi dan merupakan penyumbang kesejahteraan serta pencipta lapangan kerja yang unggul. Fokus Danamon terhadap segmen UKM merupakan langkah logis seiring dengan pertumbuhan jiwa kewirausahaan di kalangan masyarakat, khususnya sebagai salah satu solusi mencapai kesejahteraan. Danamon siap membantu para pelaku UKM dan bertumbuh bersama, sejalan dengan visi kami yaitu Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan," kata Michellina Triwardhany, Direktur Consumer SME dan Branch Network Danamon pada acara Workshop and Media Gathering yang digelar di Menteng, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Komitmen Danamon terhadap segmen UKM dilandasi oleh fokus strategi jangka panjang perusahaan yang mengutamakan segmen usaha inti dengan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan perekonomian nasional. Pada sembilan bulan pertama tahun 2017, portofolio kredit Danamon kepada segmen UKM tumbuh 10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi Rp 27,5 triliun. Pada kuartal tiga 2017, kredit kepada segmen UKM berkontribusi sekitar 22% dari total portofolio kredit Danamon. 

"Pertumbuhan UKM di indonesia merupakan pencapaian yang patut dibanggakan karena segmen UKM yang berkembang menandakan perekonomian yang sehat dan memiliki potensi pertumbuhan tinggi. Dukungan dari institusi keuangan seperti Danamon, tentunya akan mendorong kualitas UKM Indonesia ke tingkat lebih tinggi dan meningkatkan daya saing di tengah iklim usaha yang kompetitif. Ajang penghargaan untuk pelaku UKM seperti Danamon Entrepreneur Awards juga memacu inovasi usaha di antara pelaku UKM, sehingga menghasilkan UKM berkualitas tinggi dengan standar operasional kelas dunia," tambah T. M Zakir Machmud, Kepala UKM Center (UKMC) Fakultas Ekonomi Universitas lndonesia. 

Untuk para pelaku UKM, Danamon menghadirkan produk-produk beragam sesuai dengan kebutuhan mereka seperti Kredit Rekening Koran (KRK), Kredit Berjangka (KB), Kredit Berjangka Hari Raya (KB Hari Raya), Kredit Angsuran Berjangka (KAB) Kredit Kepemilikan Tempat Usaha Ruko (KTU Ruko), Kredit Angsuran Berjangka BISA (KAB BISA), dan Kredit Angsuran Berjangka Reinstate. 

Pada 6 Desember 2017 lalu, Danamon menyelenggarakan ajang Danamon Entrepreneur Awards (DEA) 2017 yang fokus terhadap segmen UKM sebagai apresiasi Danamon kepada pelaku wirausaha di segmen UKM sekaligus untuk memberikan inspirasi bagi pelaku wirausaha lainnya maupun masyarakat luas. Terdapat lebih dari 600 partisipan yang ikut di ajang pada tahun ini, atau naik 14% dari tahun sebelumnya, sebagai bukti semangat UKM yang semakin tinggi di lndonesia. Setelah proses public voting melalui website resmi, DEA 2017 menobatkan Nike Lidiyastuti Aritovani, pengusaha pengolahan kuliner cakalang dari Ambon, sebagai peraih favorit dari lima peraih DEA 2017. Dewan juri terdiri dari perwakilan akademisi, pemerintah, media, regulator, dan wirausaha.