Metrodata Bakal Lebur Dua Anak Usahanya

Fauziah_hidayah - Bursa

Kamis, 07 Desember 2017 15:53 WIB

metrodata bakal lebur dua anak usahanya

PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) berencana melebur dua anak usahanya yakni PT Logicalis Metrodata Indonesia (LMI) dan PT Packet System Indonesia (PSI). 

Sekretaris Perusahaan MTDL Randy Kartadinata mengungkapkan bahwa LMI dan PSI sama-sama bergerak pada bidang teknologi informasi, khususnya pada bidang broadband network and infrastructure system integration

Meski keduanya memiliki usaha pada bidang yang sama, tetapi segmen pelanggannya berbeda. PSI memiliki pelanggan segmen bidang enterprise, sedangkan LMI memiliki segmen bidang small medium business.

"Untuk itulah, merger antara PSI dan LMI ini diharapkan bisa menciptakan suatu sinergi yang dapat memperkuat, mengefektifkan serta mengefisiensikan penggunaan sumber daya, struktur permodalan, dan sumber keuangan PSI," ujarnya dalam keterbukaan informasi, Kamis (7/12/2017).

Menurut Randy, langkah merger juga diambil guna meningkatkan daya saing PSI. Dengan begitu dapat memberikan keuntungan kepada seluruh pemangku kepentingan dan konsumen di Indonesia.

Setelah merger efektif, LMI akan melebur ke PSI. Selanjutnya, kepemilikan MTDL dalam PSI akan bertambah menjadi 20,5% melalui mekanisme penerbitan saham baru.

Sekadar informasi, LMI didirikan pada 2011. MTDL memegang porsi 49% di LMI, sedangkan 51% saham dimiliki oleh Logicalis Singapore Pte Ltd. Sementara PSI didirikan pada 2004. MTDL memegang 14,116% saham, dan 54,064% dikuasai Logicalis Singapore Pte Ltd.