Selain Muba, Jokowi Bakal Lanjutkan Revitalisasi Kebun Sawit di Tiga Provinsi Ini

Vicky - Agribisnis

Jum'at, 13 Oktober 2017 16:44 WIB

selain muba, jokowi bakal lanjutkan revitalisasi kebun sawit di tiga provinsi ini

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) berjanji setelah merevitalisasi (Peremajaan) perkebunan sawit secara gratis milik rakyat di Kabupaten Musibanyuasi (Muba), Sumatera Selatan, pemerintah juga akan mendorong peremajaan di tiga provinsi di Sumatera.

Menurutnya program peremajaan kebun kelapa sawit milik petani mandiri baru pertama kali dilakukan di Indonesia, yakni Provinsi Sumsel, di Kabupaten Musi Banyuasin, Jumat (13/10/2017).

"Selanjutnya saya dorong, selanjutnya di Sumut, Jambi, Riau. Kita konsentrasi terlebih dahulu di Pulau Sumatera, kita ingin kerja fokus biar gampang dicek gampang di kontrol," tutur dia.

Jokowi memastikan, setelah peremajaan dilakukan pihaknya akan mengecek ulang. Agar seluruh proses yang ada berjalan dengan baik.

"Pada 2019 saya akan cek lagi, kerja dengan saya harus dicek. Ini bibit jika sudah berproduksi bisa 8 ton per hektare. Tanaman itu tidak sama dengan kita harus dirawat, harus dijaga. Kalau perusahaan bisa 8 ton, petani juga harus bisa 8 ton,” tuturnya.

Dia berjanji jika program ini berjalan semua di beberapa provinsi yang bakal di remajakan kebun sawitnya setidaknya pemerintah akan terus melakukan revitalisasi pada tanaman lain seperti karet, kopi, kakau," ulasnya.

Dia menegaskan lagi pemerintah bakal melanjutkan program ini."Yang masuk kawasan hutan saya perintahkan untuk dikeluarkan dari kawasan hutan, agar dibuat sertifikat. Ini khusus kebun kelapa sawit milik rakyat," tegas Jokowi.