Cabai Paling Rajin Sumbang Inflasi di Sumut

Vicky - Makro

Jum'at, 13 Oktober 2017 16:29 WIB

cabai paling rajin sumbang inflasi di sumut
Di Indonesia ada 5 Komoditas Penyumbang Inflasi yaitu, beras, daging sapi, daging ayam, cabai merah dan bawang merah. Maka untuk di Sumut, dari 5 Komoditas ini, cabai merah adalah penyumbang inflasi beberapa tahun ini.
 
Seperti yang dikatakan Kepala Kantor Bank Indonesia, Arief Budi Santoso, bahwa di Sumut cabai merah sering berada di harga yang cukup tinggi. Sehingga tim BI maupun TPID tidak pernah lepas untuk membahas kenaikan cabai tersebut.
 
"Dalam waktu dekat ini kita dari BI akan segera lakukan pertemuan dengan asosiasi pedagang cabai di Sumut, dan kota Medan terlebih dahulu kita jumpai," katanya Jumat (13/10/2017).
 
Dikatakannya, harga pasar memang sudah diatur oleh pasar itu sendiri, sehingga harus ada pengontrol harga harga dipasar yaitu TPID. Namun, katanya untuk melakukan penurunan harga yang standar untuk harga cabai ini harus kordinasi dengan Pemkab yang banyak petaninya menanam cabai.
 
"Petani yang banyak menanam cabai merah kan ada di Tanah Karo, Labuhan batu, Deliserdang maupun Batubara, sehingga kita mau lihat dimana kendala selama ini kenapa harga cabai merah sering alami kenaikan," ujarnya.
 
Dikatakannya, jika memang infrastruktur yang sering jadi kendala, disinilah harus banyak pihak yang membantu menyelesaikannya, sebab di Sumut cabai merah konsumsi masyarakat yang dianggap utama.
 
"Saya berharap dengan adanya nanti pertemuan dengan asosiasi pedagang cabai maka kita akan segera dapat solusinya," pungkasnya.