Revitalisasi Sawit Secara Gratis, Jokowi Bilang Begini ke Petani di Muba

Vicky - Riil

Jum'at, 13 Oktober 2017 15:16 WIB

revitalisasi sawit secara gratis, jokowi bilang begini ke petani di muba

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melaunching revitalisasi (peremajaan) kebun kelapa sawit milik petani di Desa Panca Tunggal, Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten, Musibanyuasin (Muba), Sumatera Selatan, jumat (13/10/2017).

Menurutnya pemerintah selalu komitmen untuk mendorong perekonomian masyarakat terutama di pedesaan. Salah satunya, yakni di Muba memiliki potensi kebun sawit milik petani yang cukup luas, namun banyak yang sudah tua.

Sehingga, perlu direvitalisasi, sehingga nantinya bisa memproduksi lebih banyak, apalagi produksi kebun sawit yang benar adalah 8 ton per hektare, bukan 2 ton, 2,5 ton atau 3 ton per hektare yang selama ini dialami oleh para petani.

"4.400 hektare kebun sawit yang sudah tua di Kabupaten Muba semuanya dilakukan peremajaan. Biaya ditanggung oleh pemerintah. Bibitnya diberi, bibit palawija diberi, kurang apa?" ujar Jokowi.

Jokowi menambahkan untuk kebun kelapa sawit yang masuk dalam kawasan hutan, dipastika ke depan, hal tersebut tidak akan menjadi permasalahan lagi.

"Yang masuk kawasan hutan saya perintahkan untuk dikeluarkan dari kawasan hutan, agar dibuat sertifikat. Ini khusus kebun kelapa sawit milik rakyat," tegasnya.