Jelang Pilkada, Camat se-Jateng Dikumpulkan, Ada Apa?

Ferry_hidayat - Daerah

Kamis, 12 Oktober 2017 22:00 WIB

jelang pilkada, camat se-jateng dikumpulkan, ada apa?

Jelang pelaksanaan Pilkada 2018, ribuan camat se-Jawa Tengah dan Indonesia Wilayah Timur dikumpulkan di Semarang untuk mengikuti rapat koordinasi nasional yang berlangsung di Hotel Crown Plaza Semarang, Kamis. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam kesempatan itu diminta menyampaikan paparan mengenai percepatan pembangunan di Kota Atlas dengan menempatkan jajaran camat sebagai ujung tombaknya.

"Peran lurah dan camat di masing-masing memang strategis. Mereka bisa bertemu langsung dengan masyarakat, melakukan koordinasi, dan tahu persis kelemahan dan kekuatan wilayahnya," katanya.

Namun, Hendi, sapaan akrab orang nomor satu di Kota Semarang itu sempat heran ketika pada periode 2012 banyak jajaran pegawai negeri sipil (PNS) yang tidak mau ditempatkan di kecamatan.

"Setiap kali ada rotasi jabatan di kecamatan, mereka justru bertanya. 'Pak, salah saya apa kenapa dipindah di kecamatan? Padahal, menurut saya posisi tersebut (camat, red.) justru strategis," katanya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membenarkan mengenai penting dan strategisnya peran camat sebagaimana diungkapkan Hendi dalam melakukan percepatan pembangunan di suatu daerah.

"Saya kemarin mengantar Bapak Presiden (Presiden RI Joko Widodo, red.) di Kota Semarang, berkeliling melihat Kota Semarang. Statemennya Pak Presiden, 'Loh kok Semarang sangat indah, ya. Gitu, Pak Hendi'," katanya.

Politikus PDI Perjuangan itu juga menyebutkan keberadaan taman yang kin banyak dan kota yang masih bersih, termasuk Kampung Pelangi yang menjadi destinasi wisata baru di Semarang.

"Bahkan, beberapa teman dari ATR/BPN (Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN) kemarin agak telat mengikuti acara Presiden. Ternyata mereka piknik dulu di Kampung Pelangi," ungkap Ganjar. (ant)